Ada Tragedi Mina di Pawai Lampion Tahun Baru Hijriyah di Bangkalan

image

Lampion tragedi Mekkah

Bangkalan, maduracorner.com – Peringatan tahun baru 1 Muharram 1437 H berlangsung meriah di Bangkalan, selasa (13/10/2015) malam. Ratusan siswa SD dan SMP mengikuti pawai lampion melalui jalan-jalan protokol kota.

Masing-masing kelompok pawai pun mengusung tema berbeda. Hal ini membuat suasana pawai pun lebih berwarna. Bahkan salah satu kelompok peserta pawai mengusung tema mengenang tragedi Mina yang menimpa jemaah haji beberapa waktu lalu.

Selain membawa miniatur ka’bah yang cukup besar, para peserta yang mengiringi kelompok pawai ini berpakaian ihram layaknya jamaah haji serta mempraktekkan tawaf di depan penonton yang memadati jalan.

Selain tema tragedi Mina, kelompok lain pun mengusung tema beragam. Mulai dari huruf hijaiyah hingga tema tentang rukun iman, rukun Islam maupun Asmaul Husna. Assesoris yang dibawa berupa lampu-lampu lampion pun menyesuaikan dengan tema yang mereka usung.

“Peserta lampion memperingati tahun baru Islam 1437 H tahun ini diikuti 48 SD/MI dan 8 SMP se-kecamatan kota Bangkalan,”ujar Asisten – Ekonomi Kesra Setda Bangkalan, Muh. Gufron yang mewakili Bupati Bangkalan Makmun Ibnu Fuad saat memberikan kata sambutan.

Ia mengatakan, peringatan tahun baru Islam 1437M ini juga digelar untuk mengenang salah satu momentum sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW. “Diharapkan, kepribadian Rosulullah bisa dijadikan suri tauladan bagi kita semuanya serta untuk mempertebal rasa kecintaan umat Islam terhadap nabi Muhammad SAW”,paparnya kepada maduracorner.com usai acara. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad el Sharaawy

Email Autoresponder indonesia