Ahsanul Qosasi: “Jembatan Suramadu, 2 Tahun Lagi Lunas”

 

anggota komisi XI DPR RI, Achsanul Qosasi. foto: krism/mc.com

anggota komisi XI DPR RI, Achsanul Qosasi. foto: krism/mc.com

Desak Kembalikan Mandat Kelola Suramadu Kepada Rakyat | Oleh : Aryan

Maduracorner.com, Bangkalan – Anggota Komisi XI DPR RI, Ahsanul Qosasi membeberkan bahwa beban hutang yang tertanggung dari pembangunan Jembatan Suramadu akan terlunasi paling lambat dua tahun kedepan. Estimasi ini 6 tahun lebih cepat dari proyeksi sebelumnya yang diperkirakan baru lunas 8 tahun lagi.

“Setelah hutang lunas, maka kembali mandat itu kepada rakyat. Artinya, rakyatlah yang akan menentukan sendiri bagaimana mengoptimalkan Suramadu,” ujar AQ-sapaan akrab Ahsanul.

Pernyataan ini sengaja AQ lontarkan untuk menjawab permintaan sejumlah tokoh madura yang menghendaki pemanfaatan Suramadu murni memperlancar dan mempermudah aktivitas ekonomi masyarakat madura. Salah satunya tentang wacana mendesak Jasa Marga untuk menggratiskan pengguna jasa tol Suramadu.

“Saya pikir memang aneh, koq baru Suramadu ini yang dituntut untuk bayar (jasa tol). Padahal, seperti yang kita tahu,  jembatan Ampera dan Jembatan Mahakam atau jembatan lain yang memiliki nilai prestisius melebihi jembatan Suramadu. Tapi kenapa hanya Suramadu yang penggunanya dibebani. Nah inilah yang akan kita perjuangkan nanti. Saya akan minta kepada pemerintah pusat, setelah lunas nanti, pengelolaan jembatan suramadu tersebut mandatnya diserahkan kepada rakyat,” pungkasnya. (yan/krs)

Email Autoresponder indonesia