Ajukan 7 Penangkar Untuk Dapat Sertifkat

399 views

Musim Tanam | oleh : Teguh

Maduracorner.com, Sumenep — Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Sumenep, terus berupaya untuk menumbuhkembangkan penangkaran benih yang dilaksanakan secara swadaya oleh masyarakat. Dan  diharapkan dengan banyaknya penangkar di Sumenep akan menambah penghasilan petani dan penangkar itu sendiri.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Sumenep,  Bambang Heriyanto,  mengungkapkan, dengan adanya penangkar-penangkar baru di setiap wilayah di Kabupaten Sumenep akan memudahkan petani mendapatkan benih unggul dan berkualitas.

“Tentu saja menjadi penangkar itu harus mempunyai sertifikat at dari Kementrian Pertanian pusat,” jelasnya.

Kata Bambang, ditahun 2014 ini, pihaknya mengajukan 7 penangkar swadaya untuk mendapat sertifikat sebagai penangkar dari pusat, diharapkan para penangkar ini bisa menghasilkan benih sebar yang baik dan bisa dijangkau oleh petani lainnya.

Diakui Bambang, untuk menjadi penangkar memang tidak mudah. Sebab, imbuh Bambang, disamping harus memiliki modal yang cukup, karena harga benih juga cukup mahal. Kemudian prosesnya juga tidak muda, karena penangkar  harus dilatih dan bersertifikat dari Kementerian Pertanian pusat.

“Sedangkan para petani masih banyak yang terpukau dan tertarik dengan kualitas benih unggul local, tentu mereka tertarik pada benih local karena ketidak tahuannya saja,” jelasnya. (tgh/lam)