Akibat Hujan Deras, Rumah Warga Kelurahan Mlajah Bangkalan Tertimpa Pohon

Pohon sengon berukuran besar di Jalan Kenanga, Kelurahan Mlajah tumbang dan menimpa rumah warga. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Selasa (22/1/2019) malam. Akibatnya, pohon sengon berukuran besar tumbang dan menimpa rumah warga.

Beruntung, peristiwa tersebut tidak sampai menelan korban jiwa.Namun, atap dan tembok bagian depan rumah yang berlokasi di Jalan Kenanga, Kelurahan Mlajah itu, mengalami kerusakan yang cukup parah.

“Saya kaget tiba-tiba pohon di depan rumah tumbang. Kejadiannya, berlangsung begitu cepat,” kata penghuni rumah, Moh Holil (42).

Dia menuturkan, pohon yang tumbang tersebut membuat atap bagian depan hingga belakang hancur. Terutama, atap di ruang tamu. Untungnya, reruntuhan material tidak menimpa ibu dan keponakannya yang tengah berada di dalam rumah.

“Kabetulan saya ada di luar. Waktu kejadian saya langsung lari masuk ke rumah untuk menyelamatkan ibu dan keponakan,” ucap Holil.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan, Rizal Moris mengaku langsung terjun ke lokasi bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) setelah mendapat informasi rumah warga tertimpa pohon.

“Kami juga langsung koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk melakukan pembersihan,” jelasnya.

Rizal memaparkan, selain menimpa rumah warga, pohon yang tumbang juga membuat salah satu akses menuju Makam Syaichona Mohammad Cholil itu lumpuh total. TRC, DLH dan Polres Bangkalan dibantu masyarakat melakukan pembersihan menggunakan mesin gergaji.

“Untuk kerugian material yang ditimbulkan kami data dan dilaporkan ke BPBD Jawa Timur,” papar Kepala BPBD Bangkalan, Rizal Moris. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad