Akibat Salah Mencantumkan Nomer Administrasi Agenda, Ratusan CPNS Datangi Disdik Bangkalan

Bangkalan,Maduracorner.com – Akibat kesalahan dari BKD Bangkalan dalam menyalin dan mencatumkan nomer administrasi Agenda Kepala BKN tentang persetujuan tehnis No itu SK Pengangkatan CPNS di lingkungan Disdik Bangkalan. Seharusnya No.AG para CPNS tersebut terdiri dari 11 digit namun oleh BKD Bangkalan ditulis 10 digit. Tak pelak, ratusan CPNS terdiri dari guru SD, SMP, SMA dan SMK yang baru diangkat menyerbu kantor Disdik Bangkalan sambil menyerahkan SK asli CPNS dan foto copynya, agar secepatnya diperbaiki. “Akibat salah menyalin No.AG CPNS oleh BKD Bangkalan. Saya dan ratusan teman lainnya sengaja datang ke Disdik Bangkalan untuk menyerahkan SK pengangkatan dan Foto copynya. Agar No.AG-nya yang salah itu secepatnya diperbaiki,” ujar Ahmad Ruslan yang di tempatkan sebagai guru SDN Negeri di Kecamatan Tanah Merah, Senin,(22/12/2014).

salah seorang staf bagian administrasi Disdik Bangkalan, Suryadi membenarkan maksud kedatangan para CPNS tersebut. Menurutnya ratusan No.AG pada SK pengangkatan CPNS dilingkungan Disdik Bangkalan dan ditanda tangani Bupati Bangkalan, Muh.Makmun Ibnu Fuad pada tanggal 10 Nopember 2014 tersebut. Memang salah nulis. Berkaitan dengan itu, Disdik Bangkalan langsung mengumpulkan foto copy dan mencatat jumlah No.AG para CPNS yang salah. Kemudian di serahkan kepada BKD Bangkalan. Agar kesalahan menyalin No.AG pada SK CPNS diperbaiki dari 10 digit menjadi 11 digit dan di laporkan ke BKN pusat. “Saat ini Disdik Bangkalan sedang mencatat jumlah No.AG CPNS yang salah. Kemudian segera dilaporkan ke BKD Bangkalan untuk diperbaiki dan dilaporkan ke BKN,” terang Suryadi.

Kepala BKD Bangkalan, Roosli Soeli Harjono saat dikonvirmasi melalui Kabid. Pengembangan Karier dan Kesejahteran Pegawai BKD Bangkalan, Yudi.R. Juga ikut membenarkan bahwa ratusan No.AG SK pengangkatan CPNS yang ditanda tangani oleh Bupati Bangkalan, Muh.Makmun Ibnu Fuad Nomer 813.3/544/ 433.206/2014 tanggal 10 Nopember 2014. Memang telah terjadi human error atau salah mencantumkan dan menyalin No. AG. diratusan SK CPNS dilingkungan Disdik Bangkalan. Contohnya SK CPNS milik guru SD di Kecamatan Tanah Merah, Ahmad Ruslan No.AG-nya dicantumkan 2352600243. (10 digit) seharusnya 23520600243 (11 digit), kurang angka 0 .

Itu sebabnya kata Yudi saat ini BKD Bangkalan masih terus menunggu laporan dari Disdik Bangkalan dan SKPD lainnya. Selanjutnya akan di perbaiki dan dikirim ke BKN sebagai laporan. “Kesalahan No.AG pada SK CPNS tidak terlalu bermasalah karena bisa diperbaiki dan tidak memakan waktu lama No.AG 11 digit segera keluar,” tukas Yudi.

Kecuali kalau NIP CPNS yang salah nulis, lanjut Yudi, itu baru repot karena memerlukan waktu lama. Juga sangat berpengaruh terhadap karier seorang CPNS maupun PNS. “Kalau salah mencantumkan NIP CPNS atau PNS baru fatal. Karena berpengaruh terhadap kenaikan pangkat, karier CPNS atau PNS yang bersangkutan,” pungkas Yudi.

Penulis : Aryan
Editor : Sohib

Email Autoresponder indonesia