Al Qur’an Raksasa Terbuat Dari Daun Lontar Kuno, Masih Tersimpan di Madura

Al Qur’an Raksasa Terbuat Dari Daun Lontar Kuno, Masih Tersimpan di Madura-Foto: Mamad/MC.com

Madurcorner.com, Sampang – Sebuah Al qur’an raksasa yang konon usinya sudah lebih dari 100 tahun menjadi koleksi salah seorang warga di kabupaten Sampang, Madura. Al qur’an tanpa harakat tersebut milik Subaidi, warga Jalan Suhada, kelurahan Dalpenang, Kecamatan Sampang kabupaten Sampang. Dilihat secara kasat mata, ukuran Al qur’an ini memang jauh lebih besar dari pada Al qur’an pada umumnya.

Al qur’an milik Subaidi ini memiliki ukuran panjang 1 meter dan lebar 2 meter. Dengan berat mencapai 30 kilogram, kitab suci ini memiliki ketebalan hingga 10 cm lebih.

Al-qur’an ini ditulis pada daun lontar. Lebih unik lagi, ia tidak memiliki harakat atau tanda baca. Bagi seseorang yang tidak menguasai al-qur’an dengan baik, tentu akan sangat kesulitan untuk membacanya. Hanya orang tertentu saja yang mampu termasuk mereka yang sudah hafal Al quran (hafidz).

Menurut subaidi, sang pemilik yang ditemui di rumahnya, Al-qur’an ini diwariskan secara turun temurun dalam keluarganya. Subaidi sendiri memperolehnya sebagai warisan dari orang tuanya sebelum meninggal tiga tahun silam. Berdasarkan penuturan kedua orang tuanya, Al-qur’an ini dibawa dari daerah Jokjakarta ke Madura oleh leluhurnya dulu.

“Jadi ini warisan dari orang tua saya. Warisan yang teramat sangat bernilai harganya”, ujar Subaidi yang mengaku sempat berkali-kali ada orang yang menawar hendak membelinya. Namun Subaidi selalu menolak meski diiming-imingi uang dalam jumlah besar.

Al qur’an ini dibaca dan dikhatamkan pada waktu-waktu tertentu. Yakni pada bulan ramadhan dan tiap hari raya besar umat Islam serta setiap malam jum’at legi. “Tidak kami baca tiap hari. Ini sebagaimana pesan dari leluhur kami. Ya kalau hari biasa, kami baca kitab Al qur’an yang biasa”,terang Subaidi.

Dijelaskan Subaidi, Tradisi mengkhatamkan Alqur’an ini pun berlangsung secara rutin setiap tahunnya hingga kini. Selain melanggengkan kebiasaan yang diwariskan oleh pemiliknya sejak dulu, juga berharap barokah dari kitab suci Al qur’an tersebut. (mad/min)

Email Autoresponder indonesia