Aliman Warga Desa Dumajah Rintis Pengembangan Ras Ayam Kate

967 views

Rintis Ras Ayam Kate | Oleh : Aryan

ayam kate-Foto : Aryan/MC.com

ayam kate-Foto : Aryan/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Aliman (35) warga Desa Dumajah Kecamatan Tanah Merah saat ini tengah merintis dan mengembangkan ras ayam kate yang mulai langka, namun ayam ini  masih banyak diminati oleh kalangan penggemar ayam  berbadan mungil dan pendek tersebut. “Saat ini saya tengah merintis usaha ternak ayam kate,  dari sepasang ayam kate yang saya pelihara selama 1 tahun, sekarang sudah bertelur 4 butir dan sedang di erami oleh induknya,” kat Aliman kepada MC.com saat dijumpai tengah menjual puluhan ayam katenya dekat Mapolsek Tanah Merah, Sabtu (27/4).

Dikatakan Aliman, selama 4 tahun berjualan puluhan ayam kate yang awalnya dibeli dari Pamekasan dan hanya dijual pada hari pasaran dipasar tradisional Tanah Merah. Keuntungan yang dia bawa pulang lumayan, karena barang dagangannya bisa laku antara 8 sampai 10 ekor. Sedangkan ayam kate kecil laku antara 5 – 6 ekor. “Ayam kate besar saya beli Rp 200 ribu/ekor lalu dijual Rp 225 ribu – Rp 250 ribu/ekor. Yang kecil Rp. 25 ribu/ekor kemudian dijual antara Rp 40 ribu – Rp 50 ribu/ ekornya. Minimal keuntungan bersih yang saya bawa pulang sekitar Rp400 ribu  ” terang Aliman.

Walaupun begitu, dia belum merasa puas jika tidak beternak ayam kate sendiri. Kemudian dia belajar dari buku cara memelihara ayam kate yang dibeli di toko, termasuk menanyakan langsung ketempat dia kula’an ayam kate di Pamekasan. “Saya sudah tidak sabar lagi menunggu 4 butir telur yang sedang dierami oleh ayam kate itu menetas, mas. Kalau rintisan awal ini berhasil selanjutnya saya akan usaha ternak ayam kate sendiri,” pungkas Aliman. (yan/min)

Email Autoresponder indonesia