Alokasi Pupuk Tahun 2013, Capai 20 Ribu Ton

647 views

Kebutuhan Pupuk meningkat    | oleh : Nizamuddin.

kebutuhan pupuk meningkat-foto : Ilustrasi/MC.com

kebutuhan pupuk meningkat-foto : Ilustrasi/MC.com

Maduracorner.com-Bangkalan – Kebutuhan pupuk di Bangkalan, tahun ini dipastikan tak akan mengalami kekurangan seperti seperti yang pernah terjadi pada tahun sebelumnya. Pasalnya, ketersediaan pupuk mencapai 20.003 ton. Angka tersebut mengalami peningkatan dibandikan tahun lalu. “Saat ini alokasi pupuk cukup besar, mengingat kebutuhan pupuk bersubsidi di tahun 2008 sangat mengalami kekurangan. Alokasi tersebut sudah mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2012 lalu ” terang Kepala Dispertanak Bangkalan, Puguh Santoso.

Dijelaskan dia, dari total alokasi pupuk bersubsidi tersebut terdiri dari berbagai jenis pupuk diantaranya, pupuk UREA 3.236 ton, ZA 369 ton, NPK 1.761 ton,  Organik 351 ton. Pupuk tersebut nantinya, kata dia, akan disalurkan ke para petani. “Jumlah pupuk cukup untuk memenuhi kebutuhan pertanian, perkebunan, kolam tambak dan lain sebagainya, kebutuhan pupuk ini merupakan kebutuhan pupuk dari seluruh petani yang tersebar di 18 Kecematan,” jelas Puguh Santoso.

Lebih lanjut Pugus santoso menjelaskan, kenaikan jumlah kebutuhan pupuk, tak lepas dari jumlah peningkatan penduduk. Termasuk faktor alih fungsi lahan yang semakin berkurang. Sehingga, penggunaan pupuk yang maksimal perlu ditingkatkan guna mencapai produksi pertanian yang bagus. (nzm/min)

Email Autoresponder indonesia