Amankan Mudik Lebaran, Jalur Laut Jadi Atensi Polres Sumenep

Kapolres Sumenep, Madura, Ajun Komisariat Besar Polisi Joseph Ananta Pinora

Kapolres Sumenep, Madura, Ajun Komisariat Besar Polisi Joseph Ananta Pinora


Sumenep, Maduracorner.com – Sebanyak 400 petugas gabungan ditugaskan untuk mengamankan perayaan Hari Raya Lebaran 1438 Hijriyah di Sumenep. Ratusan personel ini merupakan gabungan dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP), serta unsur terkait lainnya.
Hal ini disampaikan Kapolres Sumenep, Madura, Ajun Komisariat Besar Polisi Joseph Ananta Pinora selepas gelaran Apel Pasukan Ops Ramadniyah Semeru 2017 di halaman Polres setempat (19/6/2017). 

 

Lebih lanjut Pinora menjelaskan, Operasi Ramadniyah dilakukan dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2017. Tujuannya untuk mengantisipasi tindakan-tindakan kejahatan konvensional selama Lebaran.
Khusus di Kab. Sumenep, kali ini yang menjadi atensi kepolisian dalam Operasi Ramadniyah yakni jalur mudik melalui jalur laut, terkait keselamatan pelayaran dan keamanan penumpang, dari tindak kejahatan.
Sementara untuk di jalur darat, Kapolres optimis pihaknya bisa menekan baik angka kecelakaan ataupun kemacetan. “Nanti di tiap pelabuhan akan ada petugas yang siaga setiap kali ada kapal datang,” Ungkap Pinora. 
Ada beberapa pelabuhan di wilayah hukum Sumenep yang akan dijagat ketat selama musim mudik dan balik Lebaran. Diantaranya pelabuhan Kalianget, Dungkek dan Saronggi. Sementara di wilayah kepulauan, yakni pelabuhan Kecamatan Masalembu, Kangean, Sapudi, Raas, Sapeken, dan Talango. 
“Itu beberapa lokasi yang harus kami waspadai. Jangan sampai kondisi pemudik yang kecapean, misalnya, dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan,” pungkasnya.
Penulis : Noer

Editor : Achmad

Posting Terkait