Amankan Pelkasanaan Pemilukada, Polres Siapkan 2.000 Personel

Amankan Pelkasanaan Pemilukada, Polres Siapkan 2.000 Personel-Foto: Umar Faruq/MC.com

Maduracorner.com, Bangkalan – untuk mengamankan pelaksanaan Pemilukada Bangkalan yang akan digelar pada Rabu (12/12/2012) mendatang, polres Bangkalan menyiapkan hampir 2.000 orang personel, selain itu juga akan dibantu personel dari Polda Jawa Timur serta 6 Polres Samping. “Untuk secara keseluruhan petugas yang disiapkan untuk pengamanan pelaksanaan Pemilukada hampir 2.000 personel,” terang Kabag Ops Polres Bangkalan, Kompol Abdul Rokhim, Jum’at (12/10/2012).

Dijelaskan Rokhim, dari total jumlah personel yang disiapkan tersebut, diantaranya petugas PAM TPS 624 personel, Bribob 600, Dalmas Polda Jatim 100 personel. “Selain itu kami juga melibatkan 6 polres samping meliputi polres Gersik, Lamongan, Mojokerto Kabupaten, Mojokerto Kota, Jombang dan polres Pasuruan masing-masing 60 personel,” kata Rokhim.

lebih lanjut Rokhim menjelaskan, pihaknya sudah melaksanakan serangkaian simulasi pengamanan dalam proses pelaksanaan pemilukada dengan melibatkan 650 pasukan dari Polres Bangkalan dan Brimob Polda Jatim, dengan tujuan jika terjadi hal-hal yang tidak dinginkan selama pelaksanaan pemilukada nanti dapat segera di tangani.

“Untuk mengantisipasi huru hara, kami melibat beberapa personel diantaranya untuk Dalmas awal diperankan polres Bangkalan, Dalmas lanjut diperankan pasukan Brimob polda jatim serta untuk mendorong dari pengunjuk rasa,” ungkapnya.

Ditambahkan Rohim, fokus simulasi seluruh rangkaian, baik mulai masa kampanye, pencoblosan dan pemungutan suara serta kerusuhan bagi masyarakat yang tidak puas dengan hasil penghitungan suara, kemudian mengantisipasi tindakan anarkis dan penculikan pasangan calon serta aksi teror bom yang ditempatkan di kantor KPUD.

“Untuk pengunjuk rasa dalam simulasi itu, kita melibatkan polsek jajaran masing-masing 10 personel di tambah Linmas dan dalam simulasi tersebut juga menerjunkan pasukan sniper dan rider lengkap dengan senjata, dua mobil water canon dari Brimob Polda Jatim, pasukan anti huru hara, serta dua anjing pelacak,” pungkasnya.(mi/min)

Email Autoresponder indonesia