Anggaran Belum Jelas, TPS Terancam Tak Dijaga Linmas

485 views
Ketua KPUD Kabupaten Bangkalan, Fauzan Jakfar saat mengikuti konvoi kampanye damai-foto:Aryan/MC.com

Ketua KPUD Kabupaten Bangkalan, Fauzan Jakfar saat mengikuti konvoi kampanye damai-foto:Aryan/MC.com

Posting Anggaran Linmas Tidak Ada | Oleh : Aryan

Maduracorner.com, Bangkalan – Ratusan tempat pemungutan suara (TPS) pada pelaksanaan pemungutan suara pemilihan legislatif (pileg) DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten di Bangkalan nanti, terancam tidak dijaga oleh petugas dari perlindungan masyarakat (Linmas). Pasalnya, sampai saat ini, KPU Pusat tidak menyediakan posting anggaran yang dialokasikan untuk petugas Linmas.

“Penjagaan diratusan TPS pada pelaksanaan pileg 2014 nanti, kemungkinan besar tanpa petugas dari Linmas dan TPS hanya ada 7 petugas KPPS. Karena KPU Pusat tidak mengalokasikan anggaran untuk honor petugas Linmas,” ujar Ketua KPUD Kabupaten Bangkalan, Fauzan Jakfar, saat mengikuti konvoi kampanye damai pileg 2014 yang diikuti 12 parpol kemarin.

Tidak adanya petugas Limas di TPS itu, lanjut Fauzan, lantaran anggaran yang dimiliki KPU Pusat minim. Ketiadaan honor untuk Linmas itu juga telah disampaikan kepada Bupati Bangkalan, pada acara gelar 3 pilar dalam rangka menjaga situasi dan kondisi keamanan daerah menjelang pemilu 2014 di Kabupaten Bangkalan dipendopo Pratanu Bangkalan, Kamis, (13/3) lalu. “Barangkali bapak Bupati Bangkalan, RK.Muh.Makmun Ibnu Fuad bersedia menanggung biaya honor dua petugas Linmas, yang ditempatkan diratusan TPS tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Bangkalan Bambang S, saat dikonfirmasi mengatakan, petugas Linmas tetap ada dan ikut menjaga jalannya pemungutan dan penghitungan suara bersama KPPS lainya di masing-masing TPS pada pileg nanti. “Dari hasil rapat di Surabaya beberapa waktu lalu, diputuskan petugas Linmas tetap ada dan ikut berjaga bersama petugas KPPS di TPS. Cuma dalam masalah tehnisnya, apakah dua petugas Linmas itu tambahan dari 7 petugas KPPS. Atau dari 7 petugas KPPS itu, nantinya akan dipecah 5 petugas KPPS, 2 petugas Linmas dan anggarannya melekat di KPU Pusat melalui KPUD Bangkalan,”pungkas Bambang.(yan/shb)