Anggaran RTLH Rp 2 Miliar di Sumenep Tak Terealisasi

613 views

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumenep, R. Akh. Aminullah. (FOTO: Sai)

SUMENEP, MADURACORNER.COM-Hampir separuh calon penerima Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tahun 2018 di Kabupaten Sumenep, tidak memenuhi kriteria. Akibatnya anggaran senilai Rp 2 miliar tidak terealisasi.

“Setelah dilakukan verifikasi terdapat 114 calon penerima sudah tidak layak diberi bantuan. Sehingga anggaran sebesar Rp2 miliar lebih tidak bisa direalisasikan,”ujar Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumenep, R. Akh. Aminullah, Selasa (23/10/2018).

Menurtnya, anggaran RTLH tahun 2018 sebesar Rp4,8 miliar dengan jumlah penerima sebanyak 321 orang,”Sementara yang memenuhi syarat sejauh ini baru 207 calon penerima saja,”katanya

Bagi anggaran yang dinyatakan TMS, dalam waktu dekat akan dilakukan evaluasi ulang. Jika memungkinkan akan direalisasikan akhir tahun anggaran, namun jika tidak memungkinkan akan dianggarkan kembali tahun berikutnya dengan jumlah penerima yang berbeda.

Sementara bagi penerima yang dinyatakan memenuhi syarat saat ini sudah mulai dicairkan pada penerima. Penyaluran bantuan bersyarat itu diberikan langsung melalui rekening penerima.

“Penyalurannya dilakukan dua tahap. Tahap pertama 70 persen dari jumlah bantuan, sisanya sebanyak 30 persen akan direalisasikan setelah dilakukan pemantauan di lapangan,” jelasnya. (Sai)

Email Autoresponder indonesia