Anggota Dewan Pendidikan Geram, Temukan Sekolah Tutup Saat Sidak

1254 views

Bangkalan, Maduracorner.com,
Anggota Dewan Pendidikan Bangkalan dibuat geram oleh kepala sekolah (kepsek) dan guru sekolah saat melakukan sidak.

Hal itu lantaran saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pada tanggal 18 Agustus 2021 lalu di salah satu Sekolah Dasar Negeri (SDN) Alas Kembang 2 Kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan tidak ada kegiatan apapun.

Dijelaskan, salah satu anggota dewan pendidikan Bangkalan Suhul Anam, saat melakukan pantauan ke sekolah dasar tersebut waktu masih menunjukkan pukul 08.00 WIB. Sehingga hal itu membuat geram para dewan pendidikan kabupaten Bangkalan.

Setelah itu, pada hari jumat (27/8), Dewan pendidikan kembali melakukan sidak di SDN Banangka 2 yang juga berlokasi di kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan untuk melakukan peninjauan terhadap mekanisme belajar mengajar (daring) di masa pandemi sekolah tersebut. Namun hal serupa juga ditemui oleh dewan pendidikan keadaan sekolah yang sepi tanpa adanya kepala sekolah.

“Padahal pemberlakuan pembelajaran jarak jauh atau daring dimasa pandemi tetap aktif, kepsek dan guru tidak ada disekolah,” ujar Suhul Anam yang bertugas di zona dua sambil menggelengkan kepala. Jumat (27/08/2021).

Melihat kondisi sekolah yang sepi, Dewan pendidikan langsung melakukan konfirmasi terhadap pihak para kepala sekolah dan Korwil untuk meminta penjelasan.

“Hari ini kami dewan pendidikan kembali melakukan pemantauan ke sekolah, ternyata hal sama terjadi saat kami sidak di SDN Alas Kembang 2, sekolah kosong, tidak ada kegiatan apapun disekolah, dan tidak ada kepsek dan guru disekolah,”ucapnya.

Lebih parahnya, koordinator wilayah (korwil) Kecamatan Burneh Samsul Arifin, juga tidak tahu dengan kondisi tersebut.

“Kami sudah memberikan peringatan tegas untuk mengintruksikan pada Korwil untuk masuk meskipun siswa belum belajar tatap muka, hal itu di iyakan oleh korwil burneh,”terangnya.

Dari kejadian tersebut, anggota dewan pendidikan melalui humas zona dua meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan untuk mengevaluasi kinerja dari Korwil, Pengawas dan Kepsek.

“Iya kita nanti berikan rekomendasi, untuk mutasi korwil, pengawas dan kepseknya itu, kasian siswanya, kasian sekolahnya, siswanya banyak, tapi tidak becus ngurus sekolahnya,” ucap suhul sapaan akrabnya.

Labih lanjut, kata Suhul, kedepan dewan pendidikan Bangkalan akan terus melakukan langkah konkrit ke sekolah-sekolah untuk memantau kondisi sekolah dimasa pandemi ini, hal ini dilakukan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas di Bangkalan

“Iya, kami untuk zona dua bersama anggota yang lain, akan terus terjun ke bawah, tidak lain tujuannya untuk perbaikan pendidikan dibangkalan, urusan pendidikan urusan masa depan bangsa” imbuhnya.

Sementara itu saat tim Maduracorner.com komfirmasi terhadap Korwil Kecamatan Burneh, Samsul Arifin mengatakan, dari hasil sidak dewan pendidikan Bangkalan, kami akan menindaklanjuti terhadap rekomendasi yang disampaikan.

“Kami sudah mengintruksikan dan mengaskan kepada para Kepsek dan Guru, bahwasannya sekolah tetap buka, guru tetap masuk, murid yang libur, namun tetap daring dari rumah,”tandasnya. (Ris)

banner 468x60)

Posting Terkait

Email Autoresponder indonesia