Anggota DPD RI Berharap Semua Sekolah di Bangkalan Terapkan UNBK

image

Para Siswa Yang Mengikuti UNBK di SMKN 1 Bangkalan

Bangkalan, maduracorner.com – Anggota DPD RI dapil Madura, Ahmad Nawardi berharap tahun depan pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMA sederajat di Kabupaten Bangkalan sudah bisa menerapkan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Hal tersebut dikatakannya saat memantau pelaksanaan UN di Bangkalan, senin (4/4/2016).

“Setelah saya lihat UN tingkat SMA masih belum ada yang menerapkan UNBK. Sementara UNBK ternyata bisa dilaksanakan SMK di Bangkalan dengan lancar,”ungkap Nawardi kepada maduracorner.com di pelataran SMAN 3 Bangkalan.

Menurutnya, pemerintah setempat harus mampu menyediakan fasilitas yang dibutuhkan untuk pelaksanaan UNBK. Sebab, ujian menggunakan sistem komputer sebagai salah satu parameter kesuksesan dan kemajuan sebuah lembaga pendidikan. “Selain itu, siswa juga lebih mudah mengerjakan soal. Tahun ini masih SMK saja. Itupun tidak menyeluruh,”kata pria kelahiran Sampang ini.

Sementara itu, Kasi Kurikulum SMP, SMA dan SMK Disdik Kabupaten Bangkalan, Risman Iriyanto menyatakan, memang hanya terdapat 8 SMK yang menerapkan UNBK. Sedangkan jumlah SMK yang menggelar UN sebanyak 46 lembaga.

“Kami akui fasilitas di setiap SMA masih sangat minim. Syaratnya, setiap sekolah harus menyediakan gedung dan komputer sepertiga dari jumlah siswanya yang akan mengikut ujian jika hendak melaksanakan system UNBK,”tandasnya. (her/mad)

Penulis: Heriyanto Ahmad
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia