Anggota DPRD Komisi B Sebar 1000 Masker di Pasar

1431 views

Bangkalan, Maduracorner.com – Pasar Desa yang berada di Desa Banjar, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur dengan kerumunan pengunjung memiliki potensi penyebaran virus Corona (Covid-19) yang cukup tinggi. Namun, kesadaran para pedagang dan pembeli di pasar cenderung masih kurang untuk menggunakan masker.

Kondisi itu terungkap saat Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangkalan dari Politisi Partai Gerindra, Dapil Kecamatan Galis, Blega dan Modung Abdul Manaf melakukan pemantauan dan pembagian masker gratis di Pasar Desa Banjar Kecamatan Galis, Senin (21/4/2020) pagi.

Dalam kesempatan itu, bersama  tim relawan Covid-19 setempat juga melakukan sosialisasi serta aksi nyata kepedulian pembagian masker kepada Masyarakat salah satunya kepada para pedangang pasar dan pembeli.

Namun, lanjut Abdul Manaf, ia menilai bahwa secara keseluruhan kesadaran dan antusias pemakaian masker di pasar tersebut masih kurang.

“Utamannya pembeli, banyak yang belum pakai. Kalau pedagang tapi lebih mendingan,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, bahwa kehadirannya di Pasar Banjar  merupakan wujud kepedulian sosial, untuk mencegah penyebaran Virus Corona. Menurutnya, lanjut dia, Berdasarkan pantauannya di sejumlah pasar beberapa hari terakhir, tingkat kesadaran masyarakat untuk memakai masker masih kurang.

“Dari 1000 masker yang kita bagi langsung habis. Ini masih banyak yang belum pakai dan Insya-Allah rencana kedepan kita akan melakukan untuk pembagian masker lagi,” kata Anggota DPRD Komisi B tersebut.

Lanjut Abdul Manaf menuturkan, potensi penularan Covid-19 di pasar  sangat tinggi. Hal itu mengingat kondisi pasar cukup sulit untuk menerapkan physical distancing (jaga jarak), baik antar pedagang maupun antar pembeli.

“Di pasar seperti ini untuk menghindari kerumunan memang sangat sulit. Karena itu, wajib pakai masker dan rajin suci tangan menjadi solusi pencegahan yang paling efektif dilakukan,” ungkap pria asal Desa Sadeh itu.

Manaf sapaan akrabnya menambahkan, tidak hanya di Pasar Banjar, aksi serupa juga akan berlanjut ke pasar-pasar lain. Pihaknya juga melakukan pemantauan posko Covid-19 di Desa Banjar dan sekitarnya.

“Ini adalah aksi nyata kami, tujuan utama kita berupaya untuk menyosialisasikan kepada masyarakat agar bisa hidup sehat dan bersih. Meskipun kami dari bidang politik, tapi dalam situasi seperti ini kami tidak membeda-bedakan, kami berlaku untuk umum seluruh masyarakat,”paparnya.

setelah pembagian ini kami akan melakukan penyemprotan diseknitifitan disetiap rumah bersama Puskesmas Kecamatan Banjar.

Abdul Manaf berharap, kegiatan tersebut bermanfaat bagi masyarakat dan dapat menggaungkan solidaritas kemanusiaan dalam menghadapi ancaman pandemi corona.

“Harapan kita agar mereka bisa menjaga diri, menjaga kebersihan dengan tetap bekerja karena penghasilan mereka adalah harian, jadi, kegiatan ini diharapkan ada manfaatnya, walaupun yang kami lakukan ini tidak seberapa besar, tetapi gaung kemanusiaan dalam menghadapi ancaman pandemi harus tetap ditingkatkan,”tandasnya. (Ris).

Email Autoresponder indonesia