Angka Buta Aksara Capai 87 Ribu Orang

620 views

Disdik Klaim alami penurunan Yang Cukup Signifikan |Oleh:Aryan

Maduracorner. com, Bangkalan – Berdasarkan hasil sensus jumlah buta aksara tahun 2012 di Kabupaten Bangkalan mencapai 105.033 orang, namun Disdik Bangkalan terus melaksanakan program untuk mengikis jumlah buta aksara dengan program melek aksara dan melek membaca ditengah-tengah masyarakat. Imbas dari program tersebut Jumlah buta aksara mengalami penurunan yang cukup signifikan. Pada awal 2014 berkurang menjadi 87 ribu lebih. “Buta aksara di Kabupaten Bangkalan pada awal tahun 2014 hanya tinggal 87 ribu lebih,” terang Kepala Disdik Bangkalan, M.Mohni melalui Kabid Pendidikan Luar Sekolah, Seni dan Olahraga (Diklu seniraga) Ahmad Mustaqim, Selasa (1/4).

Dikatakan Ahmad Mustakim, untuk lebih meminimalisir angka buta aksara tersebut, pada tahun 2014 ini, pihaknya terus menggalakan kerjasama dengan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) yang tersebar di 18 kecamatan Kabupaten Bangkalan sebagai mitra pendidikan luar sekolah. Termasuk dengan organisasi kewanitaan yang mempunyai jaringan dibawah, seperti komunitas Muslimah, Fatayat, PKK, UPT Disdik Kecamatan. LSM dan kepala desa (kades), semuanya dirangkul.

“Tahun 2014 ini, Disdik Bangkalan menggarap sekita 560 kelompok belajar. Setiap kelompok belajar terdiri dari 10 orang,” ungkapnya.

Dia menambahkan, syarat pengajuan kelompok belajar dari masyarakat itu sangat mudah. Cukup mengajukan proposal yang ditanda tangani kades dan UPT Disdik kecamatan melalui Kasie pendidikan luar sekolah (PLS) Disdik kecamatan setempat. “Buta aksara di Kabupaten Bangkalan lebih banyak didominasi kaum wanita,” pungkasnya. (yan/shb).

Email Autoresponder indonesia