Angka Gizi Buruk pada Anak di Pamekasan Menurun

896 views

image

Pamekasan, Maduracorner.com – Angka penderita gizi buruk pada anak di Kabupaten Pamekasan Jawa Timur mengalami penurunan dalam tiga tahun
terakhir.

Menurut data Dinas Kesehatan setempat, jumlah anak yang menderita gizi buruk pada tahun 2014 sebanyak 68 orang, sedangkan tahun 2015 ada sebanyak 56 orang.

“Untuk di bulan Januari tahun 2016 sampai hari ini, ada empat orang anak,” kata Kadinkes Pamekasan, Ismail Bey, Senin (25/1/2016).

Dikatakan Ismail, penderita gizi buruk tersebut ditangani dengan cara diberikan makanan tambahan berupa susu yang diberikan selama kurang lebih 3 bulan atau 90 hari.

“Karena memang untuk kasus gizi buruk harus 100 persen tertangani dengan pemberian makanan tambahan berupa susu,” imbuh Bey.

Penyebab gizi buruk tersebut, lanjut Bey karena faktor ekonomi dan terjadinya kelainan saat kehamilan alias karena penyakit. Mayoritas penderitanya anak usia 2 – 3 tahun.

“Untuk penderita gizi buruk paling banyak terjadi di Kecamatan Proppo,” imbuhnya.

Dia berharap agar masyarakat aktif ke posyandu, terutama wanita hamil untuk memeriksakan kehamilannya. Termasuk juga membawa balita ke Posyandu.(*)

Reporter : Fatahillah Kamali.         Editor : Alsaq

Email Autoresponder indonesia