Anomali Cuaca, BPBD Bangkalan Siaga Darurat Banjir

873 views
image

Kepala BPBD Bangkalan, Wahid Hidayat



Bangkalan, maduracorner.com – Anomali cuaca yang mengakibatkan intensitas curah hujan di Kabupaten Bangkalan menjadi tidak menentu. Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan pun memutuskan untuk siaga darurat banjir di beberapa kecamatan selama tiga bulan berturut- turut mendatang. Tepatnya dari bulan Januari hingga Maret 2016 yang akan datang.
 
“Siaga ini diberlakukan sebagai tindakan antisipasi karena musim hujan 2016 tidak bisa diprediksi”,ujar Kepala BPBD Bangkalan, Wahid Hidayat kepada maduracorner.com, selasa (12/1/2016).

Ia menjelaskan, biasanya saat memasuki Desember tahun baru hingga Maret, curah hujan sudah sangat lebat. Hal ini jika melihat dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya.
 
Namun rupanya tahun ini terjadi anomali cuaca sehingga hujan turun sulit diprediksi. Itu sebabnya, lanjut Dayat, BPBD memutuskan memberlakukan siaga darurat sebagai antisipasi dini bila secara mendadak hujan lebat turun dan terjadi banjir dimana-mana. “Kami saat ini sudah menyiapkan bantuan berupa peralatan evakuasi dapur umum hingga tenda darurat bila sewaktu-waktu dibutuhkan akibat terjadinya banjir bandang,”paparnya. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad el Shaarawy
Email Autoresponder indonesia