Antisipasi Banjir Pada Musim Hujan, Parit Jalan Akses Suramadu Dibangun Pelengsengan

Antisipasi Banjir Pada Musim Hujan, Parit Jalan Akses Suramadu Dibangun Pelengsengan-Foto: Sumaryanto/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan-Parit yang membelah jalan akses Suramadu sisi Madura sepanjang 500 meter dibangun. Pembangunan parit untuk mengantisipasi musim hujan agar air tidak sampai meluap dan menggenangi jalan akses, seperti yang terjadi pada tahun – tahun sebelumnya. “Parit ini, dikeruk dengan kedalaman 3 meter, setelah dikeruk kita buatkan pelengsengan setinggi 3 meter untuk menampung air pada musim hujan nanti,” kata Mandor kerja, Joko kepada Mc.com, Jum’at (12/10/2012).

Sebab kata Joko,  sesuai ramalan dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pergantian musim dari kemarau ke musim penghujan diperkirakan akan terjadi pada Nopember atau Desember 2012. “Ini katanya BMKG mas,” kata Joko.

Dengan selesainya pembangunan plengsengan parit yang memisahkan dua jalur jalan tol tersebut diharapkan, nantinya volume air yang biasanya banjir ketika musim hujan tidak menggenangi jalan akses. Sebab keteika pembangunan pelengsengan ini selesai air dari jalan akses akan dialirkan keparit dan langsung mengalir kelaut. “Informasinya seecara bertahap, pembangunan plengsengan parit ini akan dibangun kea rah utara hingga nyambung sampai diujung jalan pertigaan tangkel, cuma saya tidak tahu mas, apakah selesai pengerjaan parit ini, pekerjaan kelanjutannya kea rah Utara apa dilanjutkan, saya belum berani memberikan memastikan kapan,” kata Joko.

Termasuk pelebaran jalan akses seluas 3 meter disisi barat parit ini, tujuan untuk memberi kenyamanan bagi pengendara roda dua maupun roda empat. (yan/min)

Email Autoresponder indonesia