Antisipasi Bencana Banjir, MPL Tanam Ribuan Pohon

406 views
Anggota MPL rapatkan barisan sebelum penanam 13.600 pohon

Anggota MPL rapatkan barisan sebelum penanam 13.600 pohon

Sampang,Maduracornercorner.com – Untuk mengantisipasi bencana di Kabupaten Sampang baik bencana banjir dan kekeringan yang kerap terjadi kota Sampang. Majlis Peduli Lingkungan (MPL) Lembaga Penanggulangan Bencana & Perubahan Iklim (LPBI) NU Sampang,akan menanam 31.600 pohon berbagai jenis.

“Penanaman pohon ini kita sebar di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Kemuning terutama didaerah hilir perbatasan dengan muara yang semakin dangkal karena abrasi, ” terang Ketua MPL, Sifbrih De Geovie. senen (29/12/2014).

Dari data MPL, Kota Sampang sudah masuk katagori sangat rawan banjir bandang, sebab wilayah Sampang berbatasan langsung dengan laut, dan kini muara DAS Kemuing mengalami pendangkalan akibat material lumpur dari erosi banjir. Hal itu semakin diperparah dengan posisi kota Sampang yang lebih rendah dari permukaan air laut, sekitar 0,8 M dari permukaan laut.

Guna menunjang kegiatan antisipasi bencana banjir bandang dan kekeringan, berbagai unsur dinas terkait dan para relawan dilibatkan, karena ribuan bibit pohon harus tertanam selama musim hujan.

Penaman pohon sendiri akan diteman diberbagai titik lokasi, seperti di wilayah DAS Kemuning seperti Kecamatan Banyuates, Robetal, Karang Penang, Kedungdung dan Omben. Serta di Non Das Kemuning seperti di Kecamatan Sreseh, Jrengik dan Sampang Kota.

Penulis : S Umar Al Farouq
Editor  : Sohib