Antisipasi Kecurangan, Lembaga Penyelenggara UNBK di Sumenep Pasang CCTV

Peserta UNBK di SMA 1 Sumenep sedang mengerjakan soal ujian. (FOTO: Sai)

SUMENEP, MADURACORNER.COM- Sejumlah lembaga penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA dan MA di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, memasang kamera pengawas atau CCTV. Hal ini, untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan.

SMAN 1 Sumenep, menjadi salah satu lembaga yang memasang CCTV guna memantau berlangsungnya UNBK. Segala aktivitas di empat ruangan peserta ujian, terpantau melalui layar lebar yang diletakkan di ruang khusus.

“Kami menggunakan CCTV sudah dua kali dengan tahun ini. Alhamdulillah, dalam prosesnya sejauh ini tidak ada kendala,” ungkap Kepala SMA Negeri 1 Sumenep, Samsul Arifin, Senin (1/4/2019).

Menurutnya, penggunaan CCTV ini sesuai petunjuk teknis pelaksanaan UNBK. Hanya pengawas, teknisi dan peserta yang boleh masuk ruangan UNBK. Selain memudahkan pengawasan, penggunaan CCTV juga dapat memudahkan pihak-pihak terkait yang ingin meninjau UNBK.

“Bupati, kepala dinas tidak perlu masuk ke dalam ruangan,” ungkap Samsul.

Sementara itu, jumlah siswa yang mengikuti UNBK tahun ini sebanyak 10.637 orang. Perinciannya, 5.157 siswa SMA dan 5.480 siswa MA (Madrasah Aliyah). Mereka tersebar di 226 lembaga, dengan perincian sebanyak 84 SMA dan 142 MA. Baik di wilayah daratan maupun kepulauan.

Sesuai jadwal, UNBK tingkat SMA dan yang sederajat tahun ini akan dilaksanakan selama empat hari, yakni 1 April, 2 April, 4 April, dan 8 April 2019. Di hari pertama, mata pelajaran yang diujikan ialah Bahasa Indonesia. (*)

Penulis: Sai

Editor: Ahmad