Antisipasi meningkatnya Volume Lalu Lintas Suramadu, Jasa Marga Berencana Tambah Loket

Persiapan angkutan lebaran. I Oleh : Agus Budi

Maduracorner.com, Bangkalan– Volume lalu lintas akses jembatan Surabaya Madura (Suramadu) menjelang lebaran 2014 nanti diprediksi bakal naik sekitar 5,61 persen. Oleh karena itu, pengelola jembatan terpanjang se-Asia Tenggara itu bakal menambah loket di pintu tol Jembatan, sebagai upaya untuk menekan terjadinya antrean kendaraan bermotor saat puncak arus mudik Lebaran 1435 Hijriah nanti.

Hal itu diungkapkan Kepala Gerbang Tol Jembatan Suramadu, Suharyono, kamis (3/7), penambahan loket pembelian tiket kendaraan bermotor menjelang mudik Lebaran itu merupakan salah satu cara untuk menekan terjadinya penumpukan kendaraan bermotor.”Bukan hanya itu, kami juga akan melakukan penjualan tiket dengan sistem jemput bola, yakni dengan menambah petugas penjual tiket di pintu tol Suramadu,” tukasnya.

Dijelaskan dia, penambahan loket penjualan tiket nantinya hanya untuk jalur kendaraan roda dua, sebab berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya kendaraan yang banyak melintas di jembatan Suramadu adalah kendaraan roda dua. Selain rekayasa penambahan loket penjualan tiket, pihaknya juga menghimbau kepada para pemudik agar tidak melakukan perjalanan mudik di jam yang sama.
”Sebab biasanya, antrean kendaraan bermotor yang sering terjadi itu di sore hari,” terang Suharyono

Lebih lanjut Suharyono menjelaskan, persiapan lain yang juga telah dilakukan oleh pihak Jasa Marga sebagai pengelola Jembatan Tol Suramadu itu ialah melakukan pemeriksaan frekwensi getaran jembatan di bentang tengah Jembatan Suramadu. Menurutnya, pemeriksaan itu akan dilakukan petugas Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) V bersama aparat Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum, yang bakal dilakukan pada pukul 01.00-02.00 WIB dini hari.

Dikatakan Suharyono, tim sengaja memilih waktu dini hari agar tidak terlalu menganggu arus lalu lintas dan tidak sampai terjadi penumpukan kendaraan yang terlalu panjang. Hal itu untuk mengatahui jembatan Suramadu masih aman atau tidak ada perubahan, sehingga dianggap aman untuk dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat saat arus mudik Lebaran nanti.

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun, volume lalu lintas 2013 lalu sebanyak 1.048.707 yang terdiri dari kendaraan roda empat sebanyak 299,851 kendaraan, sedangkan roda dua sebanyak 748,856 kendaraan. Sedangkan 2014 diprediksi bakal naik menjadi 1.107.539 atau naik sekitar 5,61%.(gus/shb)

Email Autoresponder indonesia