Antisipasi Penimbunan BBM, Polisi Sidak Sejumlah SPBU

714 views

Sidak SPBU | oleh : A. Sohib

kasat Shabara polres Bangkalan, AKP sunarto saat sidak bungker BBM di SPBU kota Bangkalan-Foto: A. Sohib/mC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Untuk mengantisipasi terjadinya penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) Jajaran Sabhara Polres Bangkalan dan Ditsabhara Polda Jatim melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah SPBU di Kabupaten Bangkalan. Dalam sidak tersebut, Sat Shabara Polres Bangkalan  menerjukan 20 personedengan mengedarai sepeda motor Trail.

Kasat Sabhara Polres Bangkalan AKP,  Sunarto ketika dikonfirmasi menjelaskan sidak ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penimbunan BBM. “Belakangan ini kan sering terjadi antrean di SPBU, ya kita ingin mengecek langsung, apa apakah stok BBM ini kurang,” terang Sunarto. Kamis (29/11/2012).

Dijelaskan dia, setelah dilakukan sidak ke sejumlah SPBU ternyata stok BBM, mulai dari Petramax, Premium dan solar, stoknya masih aman. “Stok BBM aman dan cukup untuk melayani kebutuhan masyarakat,” tuturnya.
Lebih lanjut Sunarto menjelaskan, aksi borong premium oleh masyarakat belakangan ini, diduga tak lepas dari kekhawatiran warga karena stok premium cepat habis. “Jadi saya himbau kepada masyarakat, agar supaya tidak melakukan aksi borong, karena stok BBM aman,” tukasnya.

Sidak yang berlangsung selama kurang lebih satu jam itu, petugas tidak menemukan pelanggaran yang dilakukan pihak SPBU. “Kita hanya ingin memastikan saja, bahwa SPBU tidak melakukan peimbunan,” kata Sunarto.

Sementara itu, Pengelola SPBU Wahyudi, mengatakan sebelumnya memang ada pembatasan dari pertamina untuk menghindari kelebihan quota BBM. “Ada edaran yang menyebutkan pembelian BBM maksimal 60 liter setiap hari. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya penimbunan yang dilakukan masyarakat,” kata Wahyudi. (min).

Email Autoresponder indonesia