Antisipasi Tahanan Kabur,  Polres Bangkalan Perketat Pengawasan

Anggota Polres Bangkalan saat melakukan pengecekan kondisi fisik ruang tahanan


Bangkalan, maduracorner.com – Polres Bangkalan memasang 12 Closed Circuit Television (CCTV) untuk meningkatkan pengamanan ruang tahanan. Hal itu, sebagai upaya pengawasan agar peristiwa kaburnya tahanan di Polsek Tambak Sari Surabaya dan Polres Malang tidak terulang kembali. 

“Awalnya ada 3 CCTV, kemudian ditambah 9 unit. Jadi segala aktivitas diruang tahanan bisa terpantau,” kata Kapolres Bangkalan,  AKBP Anissullah M Ridha,  Jum’at (21/4/2017).

Selain penambahan CCTV, kondisi fisik ruang tahanan berkapasitas 32 orang itu,  juga dilakukan pengecekan, khususnya bagian atap bangunan. Pemeriksaan tersebut untuk mengetahui bagian-bagian mana saja yang harus diperbaiki. 

“Setelah dicek kondisinya masih bagus,” imbuhnya.

Kasubag Humas Polres Bangkalan,  AKP Bidaruddin menambahkan pemeriksaan tidak hanya fokus pada kondisi fisik ruang tahanan semata. Namun, penghuni tahanan juga tidak luput dari penggeledahan. 

“Penggeledahan bagi penghuni ruang tahanan memang rutin dilakukan. Hasil penggeledahan ditemukan benda maupun barang terlarang seperti paku, kawat dan plat, ” ucapnya. 

Mantan Kaposek Konang ini menyebutkan, barang-barang yang tidak boleh berada di ruang tahanan yakni alat komunikasi, gunting, pisau, sabuk dan piring maupun gelas yang terbuat dari beling. Sebab, semua itu bisa digunakan untuk perbuatan yang tidak diinginkan. 

“Sarung juga tidak boleh. Jadi hanya waktu shalat saja digunakan setelah itu dikembalikan ke petugas penjaga tahanan,” tandasnya. (*)

Penulis: Heriyanto Ahmad

Editor : Ahmad

Email Autoresponder indonesia