Antsipasi Penyakit Prasit Cacing, Dispartanak Kumpulkan Petugas Peternakan

Pengendalian Penyakit Hewan    | oleh : A.Shohib.

 

salah satu program pengemukan sapi Madrasin-Foto : dokumen MC

salah satu program pengemukan sapi Madrasin-Foto : dokumen MC

Maduracorner.com,Bangkalan- Untuk mengantisipasi Penyakit Prasit Cacing yang biasanya menyerang ternak hewan seperti sapi dan kambing, Dinas Pertanian dan Peternakan mengumpulkan para petugas peternak hewan. “Sebenarnya di bangkalan belum ada hewan yang terserang penyakit Prasit cacing ini, namun untuk pencegahan dan pengendalian, kita kumpulkan para petugas peternakan,” kata Kadispartanak Puguh Santoso, Rabu (28/08).

Dijelaskan dia, penyakit Prasit cacing ini memang tidak mematikan terhadap hewan ternak, akan tetapi apabila hewan ternak terserang penyakit ini, maka hewan tersebut tidak bisa gemuk. “Kalau ada sapi terserang penyakit ini, sapi tersebut  gemuknya sulit. Karena disini tidak ada kasus penyakit ini tentu saja tidak menganggu kepada program penggemukan sapi  Madura Limusin atau Madrasin,” jelas Puguh Santoso.

Lebih lanjut Puguh Santoso menjelaskan, dalam penelitian yang dilakukan oleh Prof Setiawan Kusdarso dari Unair, nantinya akan kotoran sapi akan dimabil untuk diteliti di Laboratorium. “Dalam penelitian ini, Dinas Priopinsi Jatim bekerjasama dengan Unair dan Dispartanak Bangkalan,” katanya.

Ditambahkan Puguh Santoso, diundangnya para petugas Peternakan se kabupaten Bangkalan dalam acara ini, agar mereka lebih memperhatikan kesehatan hewan ternaknya, sehingga sapi yang dipelihara tidak terserang penyakit Prasit cacing ini dan tetap gemuk agar dapat memenuhi bobot sapi. (min)

Email Autoresponder indonesia