APBD 2014, Alokasi 35 Persen Anggaran Pendidikan

654 views

 

wakil ketua DPRD MUnawwar Cholil. foto: aryan/mc.com

wakil ketua DPRD MUnawwar Cholil. foto: aryan/mc.com

Wakil Ketua DPRD Sangat Mengapresiasi Terobosan Bupati Makmun | Oleh : Aryan
Maduracorner.com,Bangkalan – Wakil ketua DPRD Bangkalan Munawwar Cholil mengapresiasi terobosan eksekutif dalam hal ini Bupati Bangkalan Makmun Ibnu Fuad yang mengalokasikan Rp 1,4 Triliun atau 35 persen anggaran Pendidikan dalam APBD 2013. Karena alokasi tersebut jauh diatas amanah pemerintah pusat yang merekomendasikan minimal alokasi anggaran Pendidikan sebesar 20 persen.

Apresiasi yang sama juga diberikan pada langkah Ra Momon yang menggratiskan biaya pendidikan sampai dengan jenjang SMA atau 12 tahun pendidikan. Atau melebihi program pemerintah pusat yang hanya menetapkan program wajib (wajar) pendidikan dasar (dikdas) belajar 9 tahun atau sampai jenjang SMP.

“Dalam RPJMN (rencana pembangungan jangka menengah nasional) termaktub 9 tahun pendidikan gratis. Sedangkan dalam program kerjanya (bupati Makmun), pendidikan di bangkalan digratiskan sampai 12 tahun,” ujar Wakil Ketua DPRD Bangkalan, Munawwar Cholil, selaku koordinator panitia khusus (pansus) RPJMD 2013-2018,  Jum’at, (3/1).

Maka dari itu, saya selalu minta kepada semua pihak agar membaca RPJMD itu jangan sepotong-potong. Melainkan harus lengkap agar bisa menyimpulkan dengan baik apa isi dan maksud  RPJMD tersebut. Karena ada beberapa pihak atau komunitas tertentu yang beranggapan bahwa pendidikan gratis itu hanya sampai ditingkat SMP sederajat saja.

“Wajar yang digratiskan itu tidak hanya 9 tahun atau sampai tingkat SMP saja, tapi hingga SMA sederajat. Baik lembaga negeri maupun swasta,” ungkapnya.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia