Arisan Hewan Kurban, Mempermudah Kita Untuk Berkurban

723 views

tampak anggota paguyuban majelisul hikmah saat menimbang daging hewan kurban sebelum dibagikan ke anggota paguyuban dan masyarakat-Foto: Amin Sohib/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Banyak cara yang dilakukan umat muslim untuk bisa menyembelih hewan kurban pada hari raya Idul Adha. Seperti yang dilakukan oleh paguyuban Majelisul Hikmah di desa Langkap kecamatan Burneh, kabupaten Bangkalan, untuk bisa membeli dan menyembelih hewan kurban, paguyuban ini membuat arisan kurban. meskipun hanya satu ekor sapi dan satu kambing, namun anggota paguyuban yang berjumlah kurang lebih 30 orang lebih ini setiap lebaran Idul adha selalu rutin menyebelih hewan kurban.

Dalam arisan kurban itu, anggota yang mengikuti harus membayar sebesar Rp 600 ribu/orang, uang itu dicicil setiap bulan Rp 50 ribu. mendekati hari raya Idul Adha, panitia arisan hewan mengundi siapa anggota yang dapat arisan hewan kurban. Untuk 1 ekor sapi, kurban untuk 7 orang nama anggota dan 1 ekor kambing. “Jadi setiap tahunnya kita mengundi 8 orang dari peserta arisan hewan kurban ini,” terang Ketua Paguyuban Majelisul Hikmah, Soekeran kepada MC.com, Minggu (28/10).

Dikatakan Soekeran, 8 orang yang memperoleh undian hewan kurban ini kemudian bersama-sama pergi ke pasar hewan untuk membeli hewan kurban. “Setelah panitia menyerahkan uang hewan kurban ini, terserah kepada yang 8 orang ini, mau dibelikan sapi jantan atau betina, yang jelas platfon anggaran sudah ditentukan yaitu Rp 8 juta untuk dibelikan 1 sapi dan 1 kambing,” tutur Soekeran.

Arisan hewan kurban yang dilakukan oleh Majelisul Hikmah ini mulai tahun 2007 hingga sekarang. “kebetulan yang dapat arisan itu salah satunya Sugito dan pak Selamet, ya hewan kurban ini kita sembelih dirumah orang yang dapat arisan,” kata Soekeran.

Meskipun uang untuk membeli kurban itu didapat dengan cara arisan, namun semua anggota paguyuban, baik yang dapat arisan maupun yang tidak dapat arisan juga hadir semuanya untuk bersama-sama bahu membahu menyembelih hewan kurban. “Salah satu tujuan dari arisan hewan kurban ini untuk mempereat tali silatuhrahmi antar anggota,” pungkas Soekeran. (min).