Arti Lambang Kesultanan Bangkalan

1701 views

Makna dari Lambang Kesultanan Bangkalan – By : Dimitriev Indraena

Maduracorner.com.Bangkalan – Lambang Kesultanan Bangkalan merupakan sebuah logo yang menandakan tentang sebuah identitas berdirinya sebuah kerajaan atau keraton Bangkalan. Sebuah logo yang begitu unik dan memiliki ciri khas asli kebudayaan Indonesia ini memiliki nilai-nilai essensial tersendiri di dalamnya. Lambang ini juga memiliki beberapa fungsi sebagai simbol identitas Kesultanan Bangkalan dan juga sebagai simbol estetika atau keindahan.

 

1472887_619710534737918_1245075707_n

 

Adapun arti dan makna dari Lambang Kesultanan Bangkalan adalah sebagai berikut :

 

MAHKOTA

Sebagai simbol raja dan sebagai simbol kebudayaan Jawa. Oleh karena itu, siapa saja yang memakai atau menerima gambar mahkota selayaknya berjiwa budaya Jawa. Dalam arti bahwa jiwa budaya Jawa memberi tuntunan, budaya sebagai “Uwoh Pangolahing Budi” secara lahir dan batin berdasarkan budi luhur dan keutamaan. “Pakarti Lahir” harus seiring dengan “Pakarti Batin,” hal yang demikian mencerminkan adanya sifat keharmonisan dalam budaya Jawa.

 

PERISAI

Melambangkan kepercayaan atas diri sendiri, ketahanan, keamanan, kemakmuran dan kesejahteraan.

 

WARNA DASAR MERAH PADA PERISAI

Mempunyai watak yang berani, kemauan keras dan pantang mundur

 

BUNGA TERATAI

Sebagai lambang kesetiaan dan sifat kesatria, keagungan. persaudaraan dan religious.

 

DAUN SUKUN

Sebagai lambang kehidupan

 

SENJATA CAKRA

Sebagai lambang jiwa kepahlawanan dan juga sebagai Perlambang 8 sifat Perilaku Manusia, dalam Bahasa Maduranya “Buwana Lako” atau “Lakonah Badan” dan “kennenga kennenge, lakonah lakone” (menempatkan orang yang tepat sesuai dengan bidangnya dan mengerjakan pekerjaannya dengan tepat waktu).

 

PITA MERAH

Sebagai tanda pengikat tali kekeluargaan/kerabat

 

 

 

Sumber : http://www.bangkalanmemory.blogspot.com/