Arus Mudik, Jalur Udara  Rute Sumenep-Surabaya Malah Menurun 30 Persen

Maduracorner.com, Sumenep -Disaat arus mudik Jalur darat dan laut di Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengalami lonjakan penumpang, justru berbeda untuk arus mudik jalur udara. Selama masa arus mudik lebaran 2018, jumlah penumpang pesawat di Bandara Kelas III Trunojoyo, dengan rute Sumenep-Surabaya mengalami penurunan sekitar 30 persen, Rabu (13/06/18)

Meski hanya terdapat satu pesawat komersil dari maskapai penerbangan Wing Air, dengan kapasitas 72 penumpang yang melayani penerbangan Sumenep-Surabaya dan sebaliknya tidak lantas membuat jumlah penumpang melonjak.

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo, Indra Triyantono menerangkan, penumpang selama arus mudik lebaran hingga H-2 ini penumpang hanya mencapai 30 persen dari kapasitas pesawat. Padahal biasanya setiap pemberangkapan penumpang selalu penuh. “Penyebab menurunnya penumpang, karena warga luar daerah yang merantau ke Kabupaten Sumenep dan sekitarnya tergolong rendah,” ujarnya.

Indra menambahkan, jika penumpang dari Sumenep ke Surabaya mengalami penurunan, namun untuk rute sebaliknya ada peningkatan meski tidak signifikan. ” Untuk Penumpang dari Surabaya ke Sumenep meningkat mencapai sekitar 10 persen,” dalihnya.

Selama arus mudik maupun balik lebaran tahun ini pihak Bandara Kelas III Trunojoyo tidak menyiapkan penanganan khusus karena armada yang melayani penumpang hanya satu pesawat. Sehingga pelayanan masih sama dengan hari-hari biasa. Selama ini masyarakat yang merantau ke Kabupaten Sumenep maupun sekitarnya masih banyak memilih menggunakan transportasi darat baik umum maupun kendaraan pribadi untuk mudik lebaran.(Sai)

Editor : Achmad