Atasi Kemacetan, Pasar Tanah Merah Diberi Pagar Pembatas

1827 views

Pemasangan pagar pembatas untuk mengurai kemacetan di Pasar Tanah Merah. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Pagar pembatas mulai dipasang di depan Pasar Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Pemasangan pagar setinggi 130 sentimeter itu, untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas di jalan nasional tersebut.

“Pemasangan pagar pembatas di sisi selatan itu dimulai hari ini. Tujuannya, agar dapat mengurangi tingkat kemacaten,” ucap Kepala Pasar Tanah Merah, Abd Wasyik, Rabu (17/10/2018).

Menurutnya, untuk sementara waktu pagar besi itu hanya dipasang dengan panjang sekitar 50 meter. Lokasinya, di titik yang paling rawan terjadi kemacetan dan berjarak dua meter dari badan jalan.

“Jadi, jarak dua meter dari badan jalan itu bebas dari lapak pedagang,” imbuh Wasyik.

Wasyik mengungkapkan, sebanyak 30 lapak pedagang terpaksa dipotong ukurannya karena terdampak penertiban tersebut. Sedangkan, enam pedagang harus direlokasi ke pasar sisi utara.

“Kami melakukan pemagaran, dan penataan ulang agar pedagang tidak semrawut dan tidak menyebabkan kemacetan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Kabupaten Bangkalan Sutanto menjelaskan, pemasangan pagar pembatas tahap pertama sepanjang 50 meter ini menelan biaya Rp 65 juta.

“Sisanya, nanti kami anggarkan di tahun 2019. Karena panjang keseluruhan pagar dari ujung timur sampai ujung barat yang harus dipasang sepanjang 192 meter,” terangnya. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad

Email Autoresponder indonesia