Awal Januari, 20 pasien DBD di Rawat Di Puskesmas Arosbaya

1008 views

 

Dr nur Aida Rachmawati saat memeriksa pasien DBD di Puskesmas.mc.com/al

Dr nur Aida Rachmawati saat memeriksa pasien DBD di Puskesmas.mc.com/al

Maduracorner.com,Bangkalan- sejak awal bulan Januari 2013 ini, sedikitnya 20 pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) di rawat di puskesmas kecamatan Arosbaya kabupaten Bangkalan. Pada awal bulan Januari ini jumlah pasien penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aides aegepty di kecamatan Arosbaya yang merupakan daerah endemis DBD ini terus meluas.

Kepala Puskesmas Arosbaya, dr Nur Aida Rachmawati menjelaskan, sebeanrnya puncak penyebaran penyakit DBD ini pada akhir bulan Desember lalu. “Memasuki bulan januari ini, pasien DBD mulai menurun,” ternag Nur Aida Rachwati, Ahad (13/01).

Dijelaskan dia, sebenarnya untuk menanggulangi penyebaran pekait DBD ini sanga mudah. “Yang paling efektif menanggulangi DBD ini adalah melakukan penutupan lubang yang digenangi air, atau membuang air dalam genangan,” tutur Nur Aida Rachmawati.

Lebih lanjut dr Nur Aida Rachmawati menjelaskan,  penyakit  DBD ini merupakan penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue yang masuk ke peredaran darah melalui gigitan nyamuk aides aegepty. gejala awal DBD ini adalah demam yang tinggi, mual, muntah, menggigil, kejang dan sakit kepala. “Pasien DBD yang sudah akut, biasanya disertai dengan bintik merah pada kulit, akibat pecahnya pembuluh darah. jika gejala seperti ini muncul pada anak, maka segeralah dibawa ke dokter,” pungkas Nur Aida Rachmawati. (al/min)

Email Autoresponder indonesia