Awas, Banyak Mamin Kadaluarsa Dijual Swalayan di Kota Bangkalan!

image

Sidak Mamin Kadaluarsa Dijual Swalayan di Kota Bangkalan!

Bangkalan, maduracorner.com – Tim gabungan menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah swalayan di Kota Bangkalan menjelang datangnya bulan ramadhan. Petugas gabungan tersebut dari Disperindag, Satpol PP dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan. Sidak mamin ini diawali dari Indah Swalayan, Matahari Swalayan, Indomart, Toko Anda, Alfamart, Tom Jerry Swalayan, Tretan Swalayan, Tunas Jaya Swalayan dan terakhir ke Hypermart.

“Sidak mamin ini untuk mengetahui stok bahan pokok jelang puasa dan lebaran nanti. Dan memantau makanan serta minuman yang dijual. Dimaksudkan agar masyarakat bisa dengan tenang menjalankan ibadah ramadhan,” ujar Asisten Ekonomi Kesra Setda Bangkalan, Moh. Gufron, jum’at (12/6/2015) siang.

Dari hasil sidak  ini, petuga menemukan produk expired (kadaluarsa). Diantaranya, kecap bangau, saos dan  kacang. Begitu juga kemasan kaleng biskuit yang penyok dan tak layak diperjualbelikan.

Sedangkan di Indomart jalan KH.Kholil Bangkalan, ditemukan minuman sari kelapa kadaluwarsa. Yakni masa berlakunya sampai tanggal 2 Juni 2015 tapi masih dijual hingga tanggal 12 Juni 2015. Begitu juga permen tango dan roti kaleng biskuit tidak tercantum tanggal kadaluarsanya.

“Hasil temuan ini akan segera kami laporkan ke Kepala Dinkes Bangkalan dan BPOM Bangkalan,”ujar salah satu staf Dinkes Bangkalan Safira Agustin kepada maduracorner.com.

Ia pun mengingatkan agar masyarakat mewaspadai saat membeli produk makanan dan minuman meski yang dipajang di supermarket atau swalayan sekalipun. “Perhatikan tanggal kadaluarsa. Jangan asal beli”,tukasnya sambil tersenyum. (yan/mad). 

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad El Sahraawy

Email Autoresponder indonesia