Awas! Jelang Idul Fitri, Mamin Kadaluarsa hingga Tak Berijin beredar di Bangkalan

Bangkalan, Maduracorner.com, Mendekati Hari Raya Idul Fitri 1441 H yang kurang seminggu lagi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan bersama Tim Petugas gabungan Dinas Kesehatan (dinkes), Satpol-PP dan Dinas Perdagangan Kabupaten Bangkalan melakukan sidak makanan dan minuman (mamin) di sejumlah tempat perbelanjaan.

Sidak ini dilakukan untuk mengantisipasi beredarnya makanan kadaluarsa atau yang tidak layak konsumsi jelang lebaran. Kegiatan tersebut dilakukan ke beberapa toko modern atau toko-toko swalayan seperti Tom and Jerry, Indah Swalayan, Hypermart, Alfamart serta Indomaret di Kabupaten Bangkalan.

Kepala Dinas Kesehatan Sudiyo mengungkapkan, bahwa sidak yang dilakukannya tersebut ingin memastikan agar barang dan makanan yang dijual di pasaran sebelum lebaran aman untuk di konsumsi masyarakat.

“Setiap item barang milik toko diperiksa petugas dengan teliti termasuk memeriksa tanggal kadaluarsa dan kondisi kemasan barang yang dijual,” ujarnya. Selasa (19/5/2020).

Ia menambahkan, Tim Petugas gabungan ini melakukan pemantauan langsung terutama pada produk yang akan dikonsumsi.

“Kita ingin mendapatkan hasil pemantauan lapangan dan hasil barang yang beredar atau akan dikonsumsi memenuhi kualifikasi atau tidak. Baik dari sisi regulasinya, tanggal kadaluarsa (expired date) nya dan seterusnya,” terang Sudiyo mantan Kepala Puskesmas Blega itu.

Menurut Sudiyo, menjelang lebaran tingkat kebutuhan masyarakat terhadap aneka makanan dan minuman meningkat tajam. Untuk itu, para penjual dihimbau untuk tidak menjual produk yang dapat merugikan konsumen.

“Kepada para komsumen lebih berhati-hati dalam membeli berbagai jenis makanan dan minuman, cek dulu tanggal kadaluarsa-nya dan kondisi kemasannya. Karenan pada momen seperti ini banyak oknum yang menjual makanan kadaluarsa dengan harga yang lebih murah untuk menarik pembeli,” Tandasnya.(Ris)

Email Autoresponder indonesia