Awas Radiasi BlackBerry : Tips Mengurangi Dampak Radasi Ponsel

CaptureNux 2012-07-20 04.50.41

Teman saya yang memiliki ponsel BlackBerry 9700 Onyx, pernah mengeluh ke saya dengan tutur katanya yang selengean : “Coy, kok saban gua telepon pake nih HP, kepala gua kok rasanya nggak enak deh. HP gua yang dulu nggak pernah bikin gua begini”.

Benar juga, setelah mencari info kesana-kemari, memang benar bahwa tingkat radiasi BlackBerry 9700 Onyx memang tinggi. Angka SAR (tingkat radiasi terserap) untuk handset BlackBerry 9700 Onyx mencapai 1,55 W/kg alias 0,05 lebih rendah daripada batas radiasi yang diperbolehkan untuk terekspos ke otak. Sebenarnya bukan hanya ponsel BlackBerry 9700 saja yang memiliki radiasi yang “tinggi”, melainkan semua jenis BlackBerry yang beredar di pasaran. Hal ini dapat dimaklumi, sebab ponsel BlackBerry terus menerus online. Pertukaran lalu lintas data menyebabkan tingkat radiasinya tinggi secara konstan dengan tingkatan jauh lebih tinggi daripada ponsel yang hanya dapat digunakan sebatas menelepon dan mengirim-menerima SMS.

Memang, hingga saat ini studi mengenai dampak radiasi ponsel bagi kesehatan masih terus diteliti. Tetapi beberapa studi yang dilakukan oleh para ilmuwan sudah sampai pada tahap penarikan kesimpulan bahwa resikonya adalah terkena kanker otak, kanker mulut, dan apabila anak-anak sering menelepon menggunakan ponsel akan mengakibatkan anak tersebut berperilaku negatif (cenderung tidak bisa mengendalikan emosi dan hiperaktif).

Nah, berikut ini adalah tips-tips untuk mengurangi dampak radiasi ponsel:
1. Gunakan headset atau speakerphone
Pancaran radiasi dari headset lebih kecil daripada ponsel. Disarankan menggunakan headset kabel dan bukan headset nirkabel, sebab headset nirkabel tetap memancarkan radiasi yang signifikan. Oh ya, walau radiasinya terbilang kecil, sebaiknya lepas headset dari telinga apabila sedang tidak digunakan. Speakerphone adalah pilihan terbaik untuk menghindari pancaran radiasi langsung ke kepala.

2. Berbicara seperlunya saja
Radiasi ponsel keluar dan meningkat saat digunakan untuk percakapan, mengirim pesan teks. Pada saat bercakap-cakap di telepon usahakan untuk sedikit berbicara dan lebih banyak mendengarkan saja.

3. Jauhkan dari badan
Jika sudah menggunakan headset untuk menelepon, sebaiknya posisi ponsel menjauh dari badan. Jangan menaruh ponsel di sekitar pinggang karena membran jaringan tubuh pada bagian tersebut sangat tipis sehingga mudah menyerap pancaran radiasi ponsel.

4. Kirim pesan teks daripada menelepon
Saat digunakan untuk berkirim-kiriman pesan teks, radiasi yang dihasilkan ponsel cukup rendah. Oleh karena itu, berkomunikasi melalui pesan teks sangat disarankan.

5. Jauhi ponsel dan jangan menggunakannya saat sinyal sedang jelek
Saat indikator sinyal melemah, bisa diartikan ponsel tengah mengeluarkan tenaga ekstra untuk menangkap sinyal. Keluarnya tenaga ekstra sini berarti keluarnya pula radiasi yang tinggi. Jadi usahakan jangan menggunakan ponsel saat sinyal sedang jelek.

6. Jauhkan ponsel dari anak-anak
Otak anak-anak menyerap pancaran radiasi ponsel ponsel dua kali lebih banyak daripada otak orang dewasa. Oleh karena itu sebaiknya penggunaan ponsel pada anak-anak dibatasi atau bahkan dilarang sama sekali.

7. Hindari pelemah sinyal
Aksesoris seperti skin keyboard, silikon, dan sarung pembungkus ponsel dapat mengurangi kekuatan sinyal ponsel sehingga menyebabkan ponsel bekerja lebih keras untuk mendapatkan koneksi yang baik. Sebaiknya penggunaan aksesoris semacam ini dihindari saja.

by Yos

Email Autoresponder indonesia