Bagaimana Cara Mencegah Gigi Berlubang Pada Anak?

908 views

tips bagaimana cara mencegah gigi berlubang

gigi berlubang-anak

Maduracorner.com.Bangkalan – Setiap balita memiliki gigi susu, yang pada usia tertentu akan tanggal satu per satu dan diganti oleh gigi tetap. Meskipun gigi susu akan diganti oleh gigi tetap, namun kita harus tetap menjaga agar gigi susu balita kita tetap terawat. Jika gigi susu sudah tidak sehat, bukan berarti masalah akan selesai dengan tanggalnya gigi susu itu. Ternyata akan banyak bakteri tertinggal dan bersarang di mulut dan gusi dan mengancam kesehatan gigi tetap yang sudah mulai tumbuh. Ini merupakan salah satu penyebab gigi berlubang pada anak. Oleh karena itu, sangat penting kita menjaga kesehatan gigi susu anak karena bisa berpengaruh terhadap riwayat kesehatan gigi permanennya saat tumbuh nanti. Berikut ini saya berikan tips bagaimana cara mencegah gigi berlubang agar tidak terjadi pada anak anda.

Pertama, Kontrol Ke Dokter Gigi 6 Bulan Sekali
Normalnya pemeriksaan rutin gigi adalah enam bulan sekali dan berlaku baik bagi orang dewasa ataupun anak-anak yang masih memiliki gigi susu. Dengan rajin memeriksakan gigi secara berkala maka Anda akan mengetahui bagaimana kondisi gigi anak Anda dan menghindarkan mereka dari penyakit gigi dan mulut. Selain itu bila gigi tetap mereka mulai tumbuh agar terawat dengan bagus dan tidak rusak.

Kedua, Biasakan Sikat Gigi dan Berkumur
Kebiasaan ini perlu dilatih dari kecil, anda bisa berkreasi dengan cara dan trik apapun yang anda rasa bisa membuatnya mau menggosok gigi secara teratur. Biasakan juga untuk berkumur setiap usai makan agar sisa makanan yang ada di sela gigi dan gusi tidak mengendap dan membentuk plak di gigi.

Ketiga, Jangan Biasakan Si Kecil Makan Yang Manis-manis
Jangan terlalu dimanjakan dengan makanan atau minuman yang manis-manis karena berpotensi menjadi endapan dan menjadi plak di gigi. Karena gigi berlubang sulit untuk disembuhkan.

Keempat, Jangan Biasakan Anak Tidur Siang Sambil Ngempeng
Kebanyakan orang tua membiasakan meninabobokan anaknya dengan digendong sambil diberi dot susu. Padahal cairan manis dalam botol dapat melekat pada gigi dan menimbulkan plak gigi dan menjadi awal timbulnya masalah gigi berlubang pada anak anda.

Sebenarnya tidak sulit merawat gigi balita, mengingat tidak semua gigi balita tumbuh secara sempurna. Hanya saja, tetap menjaga kesehatan giginya merupakan keniscayaan agar gigi balita anda tidak rusak sejak awal dan justru meninggalkan kuman penyakit bagi gigi tetap ketika kelak sudah tumbuh.


Selanjutnya ketikaanak anda sudah tumbuh, anda perlu mewaspadai kebiasaan buruknya yang juga bisa mempengaruhi kesehatan gigi, diantaranya kebiasaan anak mengemut makanan pada saat makan bisa mengundang karies gigi. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Baca juga posting selanjutnya yang berjudul “Kebiasaan Mengemut Makanan Picu Karies Gigi Pada Anak”

Copyright @artikelsuamiistri.com 2012-2013bayi mengemut-makanan

Email Autoresponder indonesia