Bagikan 2.050 Sertifikat Tanah di Bangkalan, Ini Pesan Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo ketika memberikan sertifikat tanah. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 2.050 sertifikat tanah di Pendapa II Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, Madura, Jawa Timur, usai menghadiri Deklrasi Akbar Ulama se Madura, Rabu (19/12/2018).

“Sertifikat tanah ini sebagai bukti kepemilikan atas hak tanah yang kita miliki,” ucap Jokowi di hadapan penerima sertifikat tanah.

Menurutnya, sertifikat tersebut diberikan kepada masyarakat agar tidak ada lagi kasus sengketa tanah di daerah-daerah yang sering terjadi karena disebabkan pemilik tanah tidak memiliki dokumen resmi.

“Pembagian sertifikat tanah tidak dipungut biaya. Jadi, mohon dijaga dengan baik,” pesan Jokowi.

Jokowi juga menyarakan, penerima sertifikat agar tidak menggunakan sebagai jaminan pinjaman untuk keperluan yang bersifat konsumtif. Namun, digunakan untuk modal usaha maupun investasi.

“Kalau untuk modal kerja itu sangat produktif. Jadi harus bijak jika ingin menggunakan sertifikan sebagai jaminan pinjaman,” tandas Presiden Jokowi.

Perlu diketahui, 2.050 sertifikat itu dibagikan untuk warga Kabupaten Bangkalan, Sampang, dan Kota Surabaya. Rinciannya, sebanyak 1.350 sertifikat diberikan kepada warga Bangkalan, 300 sertifikat kepada warga Sampang, dan 400 sertifikat kepada warga Surabaya. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad

Email Autoresponder indonesia