Bangkalan Bakal Miliki Terminal Sekelas Terminal Bungur Asih

Terminal | oleh : A. Sohib

Ilustrasi

Maduracorner.com,Bangkalan– Tidak lama lagi kabupaten Bnagkalan akan mempunyai terminal Type A, terminal sekelas dengan Terminal Bungur Asih di Surabaya. Terminal dengan luas 1,9 Hektar itu dibangun di desa Masaran kecamatan Tragah. “Saat ini terminal Type A itu dalam proses pengerjaan,” terang Kepala Bappeda Bangkalan, Sa’ad As,jari, Selasa (04/12/2012).

Dijelaskan dia, sebenarnya lahan seluas 1,9 hektar itu ada di dua desa yaitu didesa Masaran kecamatan Tragah seluas 5,6 Kektar dan desa Burneh kecamatan Burneh seluas 2,2 Hektar. “Di jadwalkan Terminal Type A itu selesai nanti tahun 2014,” tutur Sa’ad As,jari.

Lebih lanjut Sa’ad menjelaskan, untuk pembangunan terminal Type A itu, dananya dari APBN dan kabupaten bangkalan hanya menyiapkan lahannya saja. “Anggaran desain terminal dari APBD propinsi sementara untuk pembangunan fisik dananya dari APBN,” tuturnya.

Nanti kata Saad, ketika terminal itu dioperasikan, terminal type A akan melayanani angkutan antar kota antar propinsi dan akan terkoneksi langsung ke terminal Bungur Asih dan terminal lain di Surabaya. “jika nanti terminal telah selesai, adanya angkutan kota di bangkalan merupakan suatu keharusan. Untuk penambahan angkot bisa ya, bisa tidak tergantung kebutuhannya nanti,” pungskas Saad As’jari. (min)