Bangkalan Bertekad Rebut Piala Adipura Untuk Ke-enam Kalinya

755 views

Bangkalan Bertekad Rebut Piala Adipura  kembali              |  Oleh : Aryan

jelang penilaian Adipura, bangkalan terus berbenah-Foto : Sumaryanto/MC.com

jelang penilaian Adipura, bangkalan terus berbenah-Foto : Sumaryanto/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – pemkab Bangkalan bertekad untuk kembali menyabet Piala Adipura Kencana yang ke enam kalinya pada  tahun 2013 ini. tekad pemkab itu dibuktikan dengan melakukan Pembenahan guna mendukung peraihan poin maksimal. Pembenahan itu dilakukan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) di segala sektor, Seperti pembuatan beberapa taman kecil yang hampir rampung pengerjaanya, penambahan pot bunga di median jalan Soekarno – Hatta, perbaikan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di kecamatan socah,  Penambahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan hutan kota. “Semua kegiatan yang berkaitan dengan persiapan Adipura harus sudah rampung dan selesai 100 persen,” ungkap Kepala Badan Lingkungan (BLH) Hasanudin Buchori melalui Kabid. Pertamanan dan Pemakaman, Panca Setiaji, Rabu (13/03).

Dijelaskan Panca, dalam setiap tahunnya, indikator penilaian dalam lomba tahunan ini selalu berubah-ubah. Sehingga, para peserta disetiap kabupaten/kota tidak mengetahui apa saja tambahan indikator yang dibutuhkan untuk menjadi juara. “Begitu juga kapan kedatangan tim penilai Adipura ke Bangkalan, kami tidak tahu, namun menurut Informasi, saat ini katanya tim juri Adipura sudah masuk ke Jawa Timur,” jelasnya.

Untuk meraih kembali Piala Adipura, lanjut Panca, tidak hanya menjadi tanggung jawab BLH saja, akan tetapi semua lintas sektoral dilingkup pemkab Bangkalan ikut ambil peran dan mempersiapkan diri dalam menyonsong Adipura yang telah memasuki penilaian tahap kedua ini. Seperti Disdik dan RSUD Syamrabu Bangkalan yang mempunyai daya dukung untuk meraih poin dalam penilaian nantinya. “Jangan lupa, di setiap lingkungan sekolah, TK hingga Perguruan Tinggi (PT) harus ada pengelolaan sistem 3 R, yang terdiri dari Reduce,  Reuse, dan Recycle,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (5isdik) Kabupaten Bangkalan Moh Mohni melalui Kabid. Sarana dan Prasarana, Bambang Budi Mustika mengemukakan, sejumlah staf di lingkungan Disdik Bangkalan diberi dispensasi untuk tidak menggunakan seragam dinas. “Kami tengah bersih-bersih di lingkungan kantor (disdik). Semuanya harus selesai Jumat ini untuk kepentingan Adipura,” ungkap Bambang.

Untuk diketahui, Kabupaten Bangkalan telah meraih Piala Adipura sebanyak lima kali, mulai dari tahun 2007, 2008, 2009, 2010, dan 2012. (yan/min)

Email Autoresponder indonesia