Bangkalan Buka Pendaftaran 418 Formasi CPNS

1582 views

Ilustrasi. (FOTO: Google)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara resmi dibuka mulai Rabu (19/9/2018) besok. Para peminat bisa mendaftar langsung secara online melalui website Badan Kepegawaian Nasional (BKN), sscn.bkn.go.id.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA) Kabupaten Bangkalan Moh Guffron, Selasa (18/9/2018).

“Pendaftaran bisa dilakukan mulai tanggal 19 September sampai sekitar tiga minggu ke depan,” ungkap Gufron

Ia menjelaskan, masa pendaftaran akan berakhir seiring dengan pengumuman kelulusan syarat administrasi pada 16 Oktober.

“Tes dilakukan pada 20 Oktober dengan sistem CAT (Computer Assisted Test). Hasilnya akan diumumkan pada 30 November,” jelasnya.

Pengertian sistem CAT adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

Sebelumnya, BKPSDA Kabupaten Bangkalan pernah mengusulkan sebanyak 3.600 Tenaga Harian Lepas (THL) ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI pada Maret 2018.

Gufron mengatakan, Kemen PAN-RB akhirnya memutuskan hanya 418 formasi. Terdiri dari Jalur Khusus atau K2 dan Jalur Umum.

Jalur khusus, lanjutnya, terdiri dari 262 guru dan 100 tenaga kesehatan. Untuk guru syarat minimal sarjana dan tenaga kesehatan minimal lulusan D3 Kesehatan.

“Formasi untuk guru dan tenaga kesehatan berusia di bawah 35 tahun,” ujarnya.

Adapun Jalur Khusus berjumlah 56 formasi. Terdiri dari 49 tenaga kesehatan dan 7 tenaga teknis seperti PU, koperasi, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), perdagangan atau komunikasi dan informasi.

Hingga saat ini, lanjut Gufron, pihaknya belum menentukan lokasi ujian tes CPNS yang akan digelar pada 20 Oktober mendatang.

“Kami sebatas menyiapkan sarana dan prasarana. Panitia berasal dari BKN, Kemen PAN dan Mendagri,” imbuhnya.

Ia mengimbau para peminat tidak mudah percaya dengan tawaran yang menjanjikan kelulusan dalam mengikuti tes CPNS. (*)

Sumber: Tribunnews.com

Editor: Riyan Mahesa