Bangkalan Masih Kekurangan SDM Migas

755 views

Butuh PNS Perminyakan      | Oleh Nizamuddin

 

Wakil bupati bangkalan, Mondir A Rofii-Foto : Istimewa/MC.com

Wakil bupati bangkalan, Mondir A Rofii-Foto : Istimewa/MC.com

Maduracorner.com-Bangkalan– Melihat potensi migas di Bangkalan yang sangat  besar. Wakil Bupati Bangkalan, Mondir A Rofii, mengharapkan Dalam rencana rekrutmen Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2013 nanti, agar ada penambahanan jumlah PNS dari sarjana perminyakan.

Dijelaskan Mondir, selain potensi migas di Bangkalan yang sangat besar, juga kebutuhan atas SDM ahli migas di Bangkalan sangat mendesak karena Participating Interest (PI) dari blok West Madura tidak dalam bentuk uang, melainkan dalam bentuk Minyak dan Gas (Migas), sehingga dibutuhkan tenaga ahli untuk mengelolanya.  “Di Bangkalan ini PNS yang asli sarjana perminyakan sedikit, saya sudah usulkan untuk penambahan,” Ungkapnya.

Namun mantan penggiat LSM Madura Mandiri ini mengatakan, untuk saat ini Pemkab Bangkalan dalam waktu dekat ini, belum mampu mengelola PI sendiri, karena keterbatasan pendanaan dan SDM sehingga harus bekerjasama dengan pihak ketiga untuk mengelola bagi hasil tersebut. “Untuk Migas, PI ini memang harus ada pihak ketiga karena kita belum bisa mengelolanya sendiri” tandasnya.

Terlebih lagi imbuh Ra Mondir, belum ada infrastruktur migas yang siap untuk digunakan dalam mengelola hak PI yang dimiliki kabupaten bangkalan.
Sekedar di ketahui, Bangkalan dan Jawa Timur berhak mendapatakan 10 persen dari blok West Madura. Sedangkan dalam pembagianya Pemprov Jatim mendapat 53 persen dan Pemkab Bangkalan 47 Persen dari 21 sumur migas yang dikelola Pertamina Hulu Energi West Madura Ofshore (PHE WMO) itu. (nzm/min).

Email Autoresponder indonesia