Banjir Genangi Ratusan Rumah Dan Puluhan Hektar Sawah

742 views

 

 

tampak petani memanen lebih awal karena khawatir genangan banjir semakin tinggi. foto : oebbad/mc.com

tampak petani memanen lebih awal karena khawatir genangan banjir semakin tinggi. foto : oebbad/mc.com

Banjir Melanda Sumenep| oleh : Ahmad Oebbad

Maduracorner.com, Sumenep – Akibat hujan deras selama tiga hari berturut-turut, banjir  di kabupaten Sumenep semakin meluas. Ratusan rumah dan puluhan hektar sawah terendam banjir, akibatnya petani mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah karena gagal panen.

Genangan banjir tersebut merendam sedikitnya 48 hektar lebih lahan pertanian di tiga desa dari tiga kecamatan. Diantaranya desa Patean dan Nambakor kecamatan Batuan, desa  Sendir kecamatan  Lenteng dan kecamatan Saronggi.

Menurut warga, tiga desa tersebut memang menjadi langganan banjir sepanjang tahun. selain merendam lahan  pertanian, banjir  juga  merendam  ratusan rumah di desa Nambakor dan  desa Patean  kecamatan Batuan. Selain karena hujan deras dari sejumlah desa di  wilayah utara, banjir juga dikarenakan adanya penyempitan sungai akibat pembangunan tambak di sisi selatan oleh perusahaan swasta. Ironisnya, sampai saat ini belum ada  perhatian serius dari pemerintah setempat.

“Harus ada solusi dari pemerintah seperti membuat pelengsengan, “ ujar Matrafik, warga Nambakor Sumenep.

Dampak lebih jauh, sejumlah petani mengalami gagal tanam sekaligus gagal panen sehingga harus menanggung  kerugian hingga ratusan  juta rupiah.(oeb/krs)

 

Email Autoresponder indonesia