Banjir Kembali Remdam Kecamatan Arosbaya

1203 views

Banjir manggenangi rumah warga Desa Arosbaya. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM– Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, kembali terendam bajir. Banjir musiman ini, karena luapan sungai tambengan yang tidak menampung kiriman air dari Kecamatan Geger.

“Ada lima desa dan delapan dusun yang terdampak banjir,” ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan, Rizal Moris,Rabu (6/2/2019).

Menurutnya, kelima desa yang dilanda banjir kiriman itu meliputi Desa Arosbaya, Plakaran, Balung, Dlemir, dan Desa Buduran. Ketinggian air setinggi pinggang orang dewasa.

“Yang paling parah Desa Arosbaya, dan Desa Buduran. Ketinggian air mencapai satu meter,” imbuh Rizal.

Dia menjelaskan, air mulai memasuki pemukiman warga sejak pukul 01.00 WIB dini hari. Hal itu, sebagai dampak dari hujan yang melanda wilayah setempat selama dua hari berturut-turut.

“Ada 750 kepala keluarga (KK) yang terdampak bencana banjir,” terangnya.

Camat Arosbaya, Anang Yulianto menambahkan, banjir kali ini merupakan kedua kalinya setelah banjir pertama yang terjadi pada, Senin 28 Januari 2019.

“Banjir yang sekarang lebih besar dari yang pertama,” paparnya.

Anang mengungkapkan, pihaknya bersama BPBD, dan Plh Sekda Bangkalan langsung terjun ke lokasi yang terdampak banjir untuk memberikan bantuan makanan siap saji.

“Lokasi paling parah yang kami prioritaskan,” tuturnya.

Mantan Camat Blega ini mengutarakan, bantuan yang sudah disalurkan sebanyak enam dus berisi 24 kaleng makanan siap saji. Sebut saja, opor ayam, rendang, dan sayur asem.

“Kami upayakan bantuan ini merata ke seluruh KK yang terdampak bencana banjir,” tandas Camat Arosbaya, Anang Yulianto. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad

Email Autoresponder indonesia