Banser Kabupaten Sumenep Dilibatkan Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Banser Kabupaten Sumenep, mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2018 di Mapolres setempat. (FOTO: Sai)

SUMENEP, MADURACORNER.COM-Barisan Serba Guna (Banser) Kabupaten Sumenep, mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2018 di Mapolres setempat. Organisasi badan otonom Nahdlatul Ulama (NU) itu, dilibatkan dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru.

“Kami bersinergi pihak-pihak terkait untuk menjaga kondusivitas menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019,” ujar Kapolres Sumenep, AKBP Muslimin, Jumat (21/12/2018).

Menurutnya, dalam pengamanan tersebut melibatkan unsur TNI-Polri Satpol PP, Dinas Perhubungan, Linmas dan Banser. Masing-masing personel nantinya akan disebar ke sejumlah titik. Seperti, tempat-tempat ibadah, dan lokasi wisata.

“Kami mengerahkan 61 personel kepolisian. Selama bertugas dilapangan akan dibantu personel dari instansi-instansi lainnya,” imbuh Muslimin.

Dia menjelaskan, selain melibatkan sejumlah unsur dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polres Sumenep juga menjalin komunikasi dengan para tokoh ulama untuk mengantisipasi dan menangkal gerakan-gerakan radikalisme dan terorisme.

“Menjaga keamanan Kabupaten Sumenep adalah tanggung jawab bersama,” paparnya.

Sementara itu, Ketua PC Ansor Sumenep Moh Muhri Zain mengatakan, keterlibatan Banser dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru sudah berlangsung sejak 2011 lalu.

“Kami merasa terpanggil
untuk menjaga keamanan dan keutuhan NKRI, mengingat belakangan ini marak gerakan radikalisme dan disintegrasi bangsa,” tandasnya. (*)

Penulis: Sai
Editor: Riyan Mahesa