Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa Mulai Dicairkan

950 views

Bangkalan, Maduracorner.com, Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Kabupaten Bangkalan, Madura Jawa Timur mulai dicairkan. Validasi data menjadi perhatian agar tidak terjadi pemberian bantuan yang tumpang tindih, bahkan salah sasaran.

Penyerahan BLT DD di Kabupaten Bangkalan kali pertama dilakukan di Kecamatan Burneh yang meliputi tiga desa yakni Desa Jambu, Langkap dan Burneh. Jumat (15/5/2020).

Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron secara sombolis memberikan bantuan secara langsung terhadap warga terdampak covid-19 di tiga desa tersebut.

“Dengan BLT dari dana desa yang telah diberikan kepada masyarakat sebesar Rp 600 ribu, sementara di Kecamatan Burneh ini merupakan Desa yang pertama mencairkan BLT dan untuk Desa lainnya nanti menyusul,” terangnya.

Lanjut Ra Latif sapaan akrab Bupati Bangkalan menuturkan, penerima manfaat BLT DD di Kecamatan Burneh berjumlah 957 KK. Ia juga mengintruksikan agar OPD terkait kedepan melakukan pendataan yang benar. Baik untuk penerima BLT DD, PKH dan Bansos lainnya.

“Kita harus terus memperbaiki data-data, agar tidak tumpang tindih. OPD terkait harus lebih maksimal,” imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk pendataan penerima bantuan sosial kedepannya, menurut Ra Latif, baik itu bantuan seperti PKH dan BPNT agar melibatkan semua element masyarakat, tokoh masyarakat terutama Kepala Desa setempat.

“Agar penerima manfaat BLT tidak tumpang tindih dengan penerima program PKH dan BPNT. Kedepan mereka ini harus dilibatkan,”tandasnya (Ris).

Email Autoresponder indonesia