Bantuan Permodalan Petani Tebu Belum Turun

639 views

Pamekasan, Maduracorner.com – Petani tebu di Kabupaten Pamekasan bakal mendapat dana bantuan permodalan sebesar Rp. 4,81 Juta perhektar. Namun meski petani sudah mulai mengolah lahannya, dana bantuan tersebut belum juga turun.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Pamekasan, Ajib Abdullah mengungkapkan bantuan permodalan itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang akan disalurkan melalui kelompok tani.

“Sudah kami usulkan ke provinsi. Tapi bantuannya belum turun. Nanti akan langsung ditransfer ke rekening kelompok tani,” kata Ajib Abdullah, Kamis (05/12/14).

Menurut Ajib, ada kurang lebih 50 kelompok tani yang akan mendapatkan bantuan permodalan. Namun jika luasan lahan tidak sesuai dengan ketentuan yakni minimal satu hektar setiap petani. Maka harus dikembalikan ke kas daerah.

“Provinsi akan mengirim langsung ke rekening kelompok tani. Nanti akan dibantu dari PTPN X dan PTPR untuk mengecek kesesuaian lahan,” tambahnya.

Sementara target penanaman tebu lahan kering pada tahun ini seluas 1.500 hektare. Sehingga dia meminta  keseriusan petanitebu,  sementara pembinaan sudah diberikan dan program-program sudah diinformasikan.

“Mudah-mudah petani bisa menangkap sinyal baik ini terkait dengan musim tanam tebu 2014,” pungkasnya.

Penulis : Fatahillah Kamali              
Editor : Gebril Altsaqib

Email Autoresponder indonesia