Bappeda Bangkalan, Gelar Musrenbang Tahun 2013

651 views

Bappeda Gelar Musrenbang 2013 | Oleh : Aryan

Kepala Bappeda Kabupaten Bangkalan,Moh.Sa'ad Asj'ari-Foto : sumaryanto/MC.com

Kepala Bappeda Kabupaten Bangkalan,Moh.Sa’ad Asj’ari-Foto : sumaryanto/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Badan Prencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bangkalan mengelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2013. Musrenbang tersebut digelar selama hari. “Forum ini merupakan salah satu tahapan pembangunan yang dilaksanakan pemkab. Bangkalan sebagai forum setrategis yang melibatkan semua SKPD, Kecamatan, Kelurahan, Desa, Swasta dan Tokoh Masyarakat yang berkepentingan dengan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Bangkalan,” kata Kepala Bappeda Bangkalan, Moh.Sa’ad Asj’ari, Kamis (21/03).

Dijelaskan dia, pelaksanaan Musrenbang ini telah diatur dalam amanat UU No.17/2003 tentang Keuangan Negara dan UU No.25/2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan nasional dan UU No.3/2004 tentang Perda.wajib menyusun Rencana PembangunanJangka Panjang (RPJP) dan Rencana Pembangunan Jangka Pendek (RPJP) dan Rencana Kerja Pembangunan  (RKP) sebagai rencana tahunan.
lebih lanjut Sa’ad menjelaskan, dalam forum musrenbang ini,  diakomodasikan kegiatan yang bersifat bottom up maupun top down dari pemerintah pusat dan propinsi Jatim sehingga bisa menjadi jembatan penghubung yang mampu mempertemukan semua kepentingan pembangunan di Kabupaten Bangkalan.

Musrenbang 2013 lanjut Sa’ad, merupakan lembaran awal periode masa jabatan Bupati 2013-2018 dan hasil musyawarah nanti menjadi salah satu masukan RPJMD Kabupaten Bangkalan yang harus disusun paling lambat 6 bulan setelah pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan terpilih sesuai Permendagri No.54/ 2010. “Visi Bupati Bangkalan yang akan ditetapkan menjadi visi daerah pada 5 tahun kedepan adalah Terwujudnya Bangkalan yang Makmur Mandiri dan Agamis,” pungkas Sa’ad.

Sementara itu Bupati Bangkalan, R.K. Makmun Ibnu Fuad mengharapkan pelaksanaan Musrenbang 2013 ini berjalan lancar, tertib dan menemukan solusi terbaik untuk pembangunan Bangkalan 5 tahun kedepan. “Saya minta bermusyawarah lah untuk mufakat,” pinta Bupati termuda di Indonesia itu. (yan/min).