Baru Empat Bulan, 34 Nyawa Pengendara Melayang Sia-sia di Tahun 2015

image

Deretan Sepeda Motor Korban Laka Lantas di Kantor Polisi

Bangkalan,maduracorner.com – Sungguh memilukan. Belum sampai pertengahan tahun, puluhan nyawa sudah melayang di jalanan wilayah Kabupaten Bangkalan. Berdasarkan data Unit Laka Satuan Lalu Lintas Polres Bangkalan, 34 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu linta. Tingginya angka ini, diduga karena kelalaian saat berkendara.

Rinciannya, sebanyak 71 kasus kecelakaan lalu lintas terjadi di wilayah hukum Bangkalan dalam 4 bulan terakhir di tahun 2015 ini. Dari jumlah tersebut, 34 pengendara tewas di jalan raya dan 34 mengalami luka berat serta 70 orang menderita luka ringan.

“Rata-rata korban kecelakaan itu menimpa pengguna kendaraan roda dua”,ujar Kanit Laka Lantas Polres setempat, Ipda Puji Purnomo kepada maduracorner.com, jumat (8/5/2015) pagi.

Data selanjutnya menyebutkan, sebanyak 107 kendaraan terlibat kecelakaan tersebut. Yakni 82 unit sepeda motor, sisanya 25 unit untuk kendaraan roda empat. Sementara kerugian materiil akibat berbagai insiden di jalan ini mencapai Rp 496.500.000.

Polisi pun sudah memetakan sejumlah titik rawan kecelakaan. Selain sepanjang jalan akses Suramadu, beberapa wilayah di Bangkalan bagian timur juga paling berpotensi ternjadinya kecelakaan tersebut.

“Wilayah yang rawan kecelakaan seperti di Kecamatan Blega, Galis dan Kecamatam Tanah Merah. Tingginya volume kendaraan di jalur – jalur ini menjadi salah satu faktornya”,tambah Puji.

Perwira dengan 2 balok kuning di pundah ini pun menyatakan, bahwa keselamatan dalam berkendara adalah tanggung jawab bersama. Terutana bagi pengemudi kendaraan. “Polisi hanya berupaya mencegah dan mengingatkan pengedara. Tapi kuncinya tetap pada kesadaraan berlalu lintas para pengendara sendiri”,pungkasnya. (her/mad)

Penulis: Heryanto
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia