Baru Sekali Pakai Sudah Rusak, Petani Kecewa Bantuan Mesin Potong Padi Yang Mereka Terima

image

Bangkalan, maduracorner.com – Petani yang tergabung dalam kelompok tani (poktan) Sekartanjung Kelurahan Tonjung Kecamatan Burneh, merasa kecewa. Karena mesin untuk memanen padi merk Zaaga BN 120 AT Kubota kepada poktan ternyata cepat rusak. Alat pertanian yang merupakan hibah APBD Pemprov Jatim tahun anggaran 2014 ini tidak bisa dipakai lagi karena rusak.

Hal tersebut diketahui ketika Dandim 0829 Bangkalan Letkol Inf. Sunardi Istanto didampingi Kepala Dispertanak Kabupaten Bangkalan, Abdul Razak hendak melihat langsung mesin pemotong padi tersebut.

“Cuma baru satu kali pakai, bantuan hibah pemotong padi ini sudah rusak dan tidak bisa digunakan lagi pak,”ujar salah satu anggota Poktan Sekar Tanjung, Joni Irianto, jumat (10/7/2015). 

Joni menambahkan, kerusakan mesin ini (rantai putus) tidak bisa diperbaiki di sembarang bengkel. Tapi hanya bisa diperbaiki mekanik khusus dari pembuat mesin pemotong padi tersebut.

Yang membuat ironi lagi, perbaikannya tidak bisa serta merta dan harus sabar menunggu mekaniknya datang. “Kami harus sabar dan rela antri menunggu giliran diperbaiki dari mekanik. Yang rencananya didatangkan secara khusus dari Pemprop Jatim,”tutur Joni.

Sementara itu Komandan Kodim 0829 Bangkalan Letkol Inf. Sunardi Istanto berharap, mesin pemotong padi itu bisa secepatnya diperbaiki. “Mudah – mudahan secepatnya mesin pemotong padi ini bisa diperbaiki. Agar tidak sampai mengganggu waktu petani panen padi nanti,”harapnya. (yan/mad).

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad El Sahraawy

Email Autoresponder indonesia