Batik Sekar Jagad Jadi Branding Mobdin Pemkab Pamekasan

266 views

Mobil dinas Bupati Pamekasan ditempeli stiker batik Sekar Jagad. (FOTO: Istimewa)

PAMEKASAN, MADURACORNER.COM- Sedikitnya 90 mobil dinas (mobdin) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, ditempeli stiker bermotif batik Sekar Jagad. Branding kendaraan dinas ini, untuk mempromosikan produk batik khas Pamekasan itu.

“Kami branding mobdin dengan batik sebagai wujud kebanggaan terhadap batik khas Pamekasan,” terang Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, Senin (7/1/2019).

Bahkan, politikus PKB tersebut mengklaim bahwa promosi batik melalui kendaraan dinas menjadi satu-satunya di Indonesia. Utamanya, sebagai salah satu inovasi agar batik Pamekasan semakin populer di kancah nasional.

“Kabupaten Pamekasan merupakan daerah penghasil batik yang besar di Jawa Timur,” imbuhnya.

Badrut menerangkan, di Kabupaten Pamekasan terdapat 933 unit usaha batik, dan sebanyak 6.226 orang menggantungkan hidupnya di sektor industri batik. Kedepan, potensi batik akan dijadikan bahan kajian untuk proses pengembangan.

“Kami juga akan membuat surat edaran kepada semua kepala dinas agar perangkat atau dinas untuk setiap Jumat dan Kamis harus menggunakan batik asli Pamekasan bukan batik di luar Pamekasan,” tandasnya. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad