Bawang Merah Melambung Bawang Putih Naik Seratus Persen

652 views

Harga BAwang | oleh : Arie Widianto

Bawang Putih

Bawang Putih

Maduracorner.com,Sampang- dalam sepekan ini harga bawang putih dan bawang merah di pasar tradisional Sampang terus mengalami kenaikan hingga seratus persen dari harga biasanya. akibatnya banyak konsumen membeli dengan cara eceran  untuk memenuhi kebutuhan bumbu dapurnya.

Setelah harga Bawang putih dan bawang merah meroket, warga yang biasanya membeli setiap hari setengah kilogram, kini hanya mampu membeli seperempat kilogram. kondisi ini terjadi akibat harga bawang merah dan bawang putih melambung hingga naik seratus persen.

Sebelumnya  harga bawang putih hanya Rp 25 ribu/ kilogram, kini naik menjadi Rp 60/ kilogram. Sedangkan  bawang Merah sebelumnya harganya hanya Rp 30 ribu/kg  sekarang naik menjadi  Rp 60 ribu/kgnya. “Saya biasanya membeli setengah kilogram bawang putih sekarang hanya beli 1/4 akibat harganya mahal ini untuk kebutuhan jualan bakso,” kata salah seorang penjual bakso, Amirusi.

Musrifah salah seorang pedagang Bawang Putih dan Bawang Merah mengakatan sejak harga naik penjualan jadi menurun. “Harga bawang putih Rp 60 ribu, harga bawang merah juga rp 60 ribu, naik semuanya penjualan menurun, biasanya yang beli 1/5 sekarang hanya beli ¼ saja,” kata Musrifah.

Selain bawang Putih dan bawang Merah kenaikan harga juga terjadi pada cabai rawit, yang pekan lalu harganya Rp 15 ribu kini naik menjadi Rp 40 ribu/kgnya. akibat kenaikan harga cabai, banyak konsumen hanya membeli eceran Rp 1.000 hingga Rp 5 ibu “Ya ini pak saya biasanya beli Rp 5 ratus rupiah dapat banyak sekarang beli Rp 1.000 dapat enam biji cabai,” kata  subaidah pembeli cabai.

Kenaikan harga bawang merah,  bawang putih maupun cabai,  akibat stok berkurang. apalagi bawang putih yang harus didatangkan dari negeri china karena bawang putih dalam negeri kecil-kecil dan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nasional. (rie/min)

Email Autoresponder indonesia